Binjai, DLHBINJAINEWS (5/56/2019) Usai pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah, lapangan Merdeka Kota Binjai dan seputaran jalan sekitarnya kembali dipenuhi sampah koran bekas pakai dari para jamaah yang melaksanakan Salat Ied.

Terlihat koran bekas yang biasanya dijadikan alas shalat ini dibiarkan begitu saja. Akibatnya membuat pemandangan di lapangan merdeka  lautan sampah koran.

Ditambah lagi, kondisi semakin tidak karuan, karena koran-koran tersebut terseret kaki-kaki jamaah yang hendak pulang  usai melaksanakan sholat ied. Padahal tempat sampah telah tersedia cukup banyak diarea di lapangan merdeka kota binjai bahkan dipinggir jalan.

Salah satu petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Siti (50) mengungkapkan bahwa masih banyak Jamaah yang belum punya kesadaraan sendiri. Setelah salat sampah korannya ditinggal begitu saja.

“Ya meskipun memang ada petugas yang membersihkan, setidaknya mereka mengerti juga kalau ada ribuan jamaah tapi petugas kebersihan hanya ada beberapa orang saja yang bertugas” katanya.

Siti berharap kedepannya ada perubahan mengenai sampah koran bekas alas sholat ini dari para jamaah sholat ied, baik membawa kembali sampah koran bekasnya atau dibuang pada tempat sampah, karena kebersihan sebagian dari iman.

.