BINJAI,DLHBinjaiNews (2/5/2018) Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kota Binjai melaksanakan upacara peringatan di Lapangan Merdeka Binjai pada Rabu, 2 Mei 2018.

Upacara ini diikuti oleh Jajaran TNI-Polri, Aparatur Sipil Negara, HimPaudi, UPT.Pendidikan, jajaran PGRI, dan Pelajar Se-Kota Binjai.

Terlihat hadir dalam upacara tersebut unsur Forkopimda, Ketua TP.PKK Kota Binjai Lisa Andriani Idaham, Sekretaris Daerah Kota Binjai M.Mahfullah P.Daulay, S.STP, M.AP, Kepala OPD, Camat, Lurah dan Jajaran Dinas Pendidikan Kota Binjai serta undangan lainnya.

Bertindak selaku inspektur upacara, Walikota Binjai, H.M Idaham, SH.M.Si membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Muhadjir Effendy.

Dalam sambutan tertulis Mendikbud RI, Walikota Binjai mengatakan “Tema Hardiknas 2 Mei 2018 yaitu “Menguatkan pendidikan, Memajukan Kebudayaan, sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Idaham menambahkan ” kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari jangkauan. Kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, terus-menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi, sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan pembangunan.

Guru, orangtua, dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak-anak indonesia. Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaiaman nilai-nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong-royong dan seterusnya bagi para penerus kedaulatan, dan kemajuan bangsa.

Pada saat bersamaan, tantangan eksternal muncul dari perubahan dunia yang sangat cepat dan kompetitif. Hadirnya Revolusi Industri 4.0 yang bertumpu pada cyber-pysical system telah mengubah peri kehidupan kita. Artificial intelligence, internet of things, 3D printing, robot, dan mesin cerdas secara besar-besaran menggantikan tenaga kerja manusia. Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci dalam menghadapi gelombang perubahan tersebut, juga kemampuan dalam beradaptasi dan bertindak gesit. Oleh karena itu, mau tidak mau dunia pendidikan dan kebudayaan pun harus terus-menerus menyesuaikan dengan dinamika tersebut. Cara lama tak mungkin lagi diterapkan untuk menanggapi tantangan eksternal. Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan kita,” ujarnya.

Usai kegiatan pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pengukuhan Bunda PAUD Tingkat Kelurahan dan Kecamatan se Kota Binjai sekaligus dinobatkannya Hj Lisa Andriani M Idaham sebagai Bunda Literasi Kota Binjai. (RAM-DLH)