BINJAI,DLHBinjaiNews (9/11/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai terus menggenccarkan pengelolaan sampah ramah lingkungan di masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menerapkan program bank sampah di sekolah.

Hal itu disampaikan Debby Lestari, SE Kepala UPT Pengolahan Sampah dan TPA. Ia menjelaskan, program tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah-jumlah sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mencirim.“Selain juga mengurangi jumlah sampah, prorgam bank sampah juga membantu masyarakat untuk bisa mengelola hasil bekas sampah tersebut menjadi hasil nilai jual yang ekonomis. Dan bisa juga dijadikan kerajinan tangan,” ungkapnya.

DLH Kota Binjai bekerjasama dengan SMA Negeri 1 mendirikan bank sampah di lingkungan sekolah yang baru saja terbentuk pada rabu, 6 Nopember 2019 kemarin. Dalam kesempatan tersebut DLH Kota Binjai memberikan pembekalan kepada para siswa tentang tata cara pengolahan sampah rumah tangga ramah lingkungan serta fungsi dan sistem manajemen bank sampah yang disampaikan Abdel Roufman, Fasilitator UPT Pengolahan Sampah dan TPA di ruang kerja Kepala Sekolah SMA Negeri 1, Susianto.

Abdel menerangkan Pengetahuan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan harus terus ditanamkan kepada semua orang terutama anak-anak  “Hal ini, bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Karena sampah itu bukan hanya untuk dibuang saja, tapi dapat dikelola menjadi bahan yang berguna untuk masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Adapun sampah di sekolah yang bisa dikelola lagi ujarnya, yaitu kertas hasil sisa ujian, bekas kardus, buku-buku bekas, kaleng maupun sampah sisa makanan yang dapat dijadikan pupuk kompos.

Kepala Sekolah SMU Negeri 1, Susianto menyambut baik kegiatan ini,  harapannya dengan adanya bank sampah disekolah dapat meningkatkan kesadaran para anak-anak didik pentingnya kebersihan itu dan membantu membentuk insan-insan yang bersikap dan berperilaku peduli terhadap kondisi lingkungan.

Untuk mendukung kegiatan pengelolaan sampah ramah lingkungan dan Bank Sampah, DLH kota Binjai melalui UPT. Pengolahan Sampah dan TPA menyerahkan bantuan Tong Komposter, Ember untuk pengolahan sampah organik, kemudian Spanduk Nama Bank Sampah, Timbangan, Gunting dan Cutter untuk kelengkapan bank sampah yang diserahkan langsung oleh Kepala UPT Pengolahan Sampah dan TPA Debby Lestari, kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1, Susianto.