BINJAI,DLHBinjaiNews (21/02/2021) Komunitas REAKSI (Respon Aksi Peduli) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai menggelar kegiatan aksi pungut sampah yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tingkat Kota Binjai Tahun 2021 di seputaran Kecamatan Binjai Kota, pada Minggu Pagi (21/02) yang dipusatkan di Car Free Day Lapangan Merdeka Kota Binjai.

Acara yang berlangsung selama satu hari tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan edukasi pungut sampah dan edukasi protokoler kesehatan.

Kegiatan yang mengambil tema Binjai Bebas Sampah” ini diikuti oleh beberapa komunitas lainnya seperti KPA Konco Dolan Adventure, Petualang Tak Terbatas dan Pejuang Camp.

Menurut Kepala UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA, Debby Lestari, SE mewakili DLH Kota Binjai mengatakan bahwa rangkaian peringatan HPSN Tahun 2021 ini merupakan wujud kerjasama yang harmonis antara Komunitas REAKSI dan DLH Kota Binjai, ia  menjelaskan sudah beberapa kali menjalin kerjasama dengan Komunitas REAKSI di perbagai kegiatan serupa.

“Saya mewakili DLH Kota Binjai sangat mengapreasiasi kepada Komunitas REAKSI yang selalu peduli akan persoalan sosial disekitarnya termasuk persoalan sampah, tentunya kami sangat mendukung sekali kegiatan peringatan HPSN ini, harapannya melalui kegiatan ini kami mengedukasi dan mensosialisaikan kepada masyarakat dengan harapan agar semua lapisan masyarakat peduli sampah tidak hanya pada momen peringatan ini saja untuk menjaga lingkungan kita, namun menjadi perilaku sehari-hari yang kita lakukan, mulai dari memilah sampah dirumah, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, sehingga lingkungan kita khususnya binjai bebas sampah dapat terwujud” ujar Debby.

Sementara itu, Ketua Umum Komunitas REAKSI Aldhy mengatakan kegiatan aksi pungut sampah mengambil 5 titik lokasi diseputaran kawasan kecamatan binjai kota dan terbagi dalam beberapa tim relawan. Nantinya sampah yang terkumpul  akan dipilah sesuai jenisnya dan disetor ke Bank Sampah DLH Kota Binjai yang seluruh hasilnya akan disumbangkan untuk program Jum’at Berkah.

“Jadi sampah-sampah yang dikumpulkan kawan-kawan relawan, kemudian akan kami pilah sesuai jenisnya dan yang mempunyai nilai ekonomis, sisanya yang residu akan dibuang ke TPA. sampah yang sudah terpilah tersebut akan kami setor ke Bank Sampah DLH Kota Binjai dan nantinya hasil dari penjualanan sampah itu sepenuhnya akan disumbangkan untuk masyarakat melalui program Jum’at Berkah, InsyaAllah kegiatan ini membawa berkah kepada lingkungan dan orang lain” terang Aldy.