BINJAI,DLHBinjaiNews (28/01/2019) Sebanyak 3 Sekolah tingkat Sekolah Dasar di Kota Binjai menerima penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018 , Penghargaan langsung diserahkan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi kepada para kepala sekolah adiwiyata, bertempat di Aula Raja Inal Siregar  Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (28/01).  Adapun 3 Sekolah Tingkat SD yang meraih penghargaan Adiwiyata Provinsi Sumut adalah SDN. 028068 Binjai Timur, SDN. 024762 Binjai Timur dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Binjai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan (Kabid PKL) DLH Kota Binjai Amas Mansyur Siregar, ST yang mendampingi Kepala Sekolah Adiwiyata membenarkan penghargaan yang telah diraih sekolah-sekolah di Kota Binjai ini. Pihaknya turut mengapresiasi sekolah yang masih sadar dan peduli akan lingkungan di sekitarnya,

“Diraihnya penghargaan sekolah adiwiyata ini menandakan sekolah-sekolah di Kota Binjai masih peduli dan mau membudayakan lingkungan yang bersih, asri, sehat, nyaman, khususnya lingkungan sekolahnya. Karena ini akan berdampak pada prestasi belajar. Terlebih lagi pendidikan karakter anak didik pada lingkungan hidup,” ujarnya.

Gubsu Edi Rahmayadi saat memberikan penghargaan Adiwiyata Provinsi Tahun 2018 kepada salah satu Kepala Sekolah dari Kota Binjai Peraih Adiwiyata Provinsi.

Kabid PKL Amas menambahkan ketiga sekolah ini pada tahun 2019 nantinya akan diusulkan kembali untuk mengikuti sekolah adiwiyata nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Gubsu tidak saja memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi namun juga memberikan penghargaan program penilaian peringkatan kinerja perusahaan (PROPER) dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan penilaian peringkat kinerja perusahaan serta sekolah peduli dan berbudaya lingkungan hidup oleh Pemprovsu melalui Dinas Lingkungan Hidup bertujuan agar dunia usaha dan pendidikan lingkungan saling bersinergi untuk mewujudkan Provinsi Sumatera Utara yang lestari dan berwawasan lingkungan dan mengimbau sekaligus mengharapkan agar dunia usaha dapat menjadi mitra Pemprovsu dalam mendukung dan berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan di Sumut. Diantaranya melalui corporate social responsibility (CSR) dan pembangunan masyarakat (Community Development).