DELISERDANG, DLHBinjaiNews (26/02/2020) Konsistensi dalam menggalakkan budaya hidup bersih di setiap lini lingkungan, sebanyak 5 sekolah di Kota Binjai menerima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 yang diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut,Hj R. Sabrina mewakili Gubernur Sumatera Utara di Aula Cendana, Kantor Bupati Deli Serdang, Senin (24/2).

Menurut Kepala DLH Kota Binjai, dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan, Halomoan P Simangunsong, ST  bahwa DLH Kota Binjai telah melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah calon sekolah Adiwiyata terpilih.

Adapun sekolah di Kota Binjai yang menerima penghargaan adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 antara lain SD Negeri 020274, SD Negeri 020255, SD Negeri 020273, SD Negeri 023901 dan SD Negeri 024753 yang kesemuanya berada diwilayah Kecamatan Binjai TImur.

Sabrina menyampaikan penghargaan diberikan karena kepedulian sekolah kepada lingkungan hidup. Salah satu kriteria penilaian adalah penghijauan. “Tujuannya adalah bagaimana pendidikan lingkungan dapat mewujudkan Sumut yang lestari dan berwawasan lingkungan hidup,” Sabrina.

Sabrina mengharapkan setiap sekolah mulai dari tingkat dasar hingga atas agar sadar lingkungan. Untuk mewujudkan hal tersebut, menurutnya sekolah harus bekerja sama dengan seluruh pihak. “Harus ada kerja sama semua pihak baik kepala sekolah. Masyarakat di sekitar sekolah, jadi harus dimulai dari sekolah kemudian bisa melebar dari masyarakat, sehingga anak sekolah terbiasa memelihara lingkungan,” katanya.

Dikatakan juga, penghargaan Adiwiyata merupakan bentuk komitmen yang kuat dari semua unsur dalam dunia pendidikan. Sekolah Adiwiyata diharapkan dapat menghasilkan anak-anak didik berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan.

“Tujuannya adalah bagaimana pendidikan lingkungan dapat mewujudkan Sumut yang lestari dan berwawasan lingkungan hidup. Selain itu, penghargaan tersebut juga dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab kepala sekolah beserta pendidik untuk bekerja keras mewujudkan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” Sabrina.

Turut hadir Kepala Sekolah Penerima Adiwiyata dari Kota Binjai , SDN 020273 Normawati, S.Pd, SDN 020274 Rubiah, M.Pd, SDN 020255 Juliartik, S.Pd, SDN 023901 Puji Ning Lestari, M.Pd, SDN 024753, Erlina, S.Pd,  Sekretaris DLH Kota Binjai, Hj.Suriani, S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Sri Ulina Ginting, Koordinator Binjai Utara, Hj. Emi Sutrisanawati (Pembimbing CSA), S.Pd, Kasi Pengelolaan Lingkungan Reniaty Sitanggang, ST, Kasi Kualitas Lingkungan, Ida.