BINJAI,DLHBinjaiNews (18/7/2018) Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Binjai melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi Publik di Aula Kantor Walikota, Kamis (18/7). Acara dibuka Walikota Binjai H.M Idaham,SH, M.Si yang diwakili Sekdako M.Mahfullah P. Daulay, S,STP, M.AP, turut hadir Asisten II Ir. Daniel Reza,  Kepala Dinas Kominfo Kota Binjai H.Ahmad Ilham didampingi Kepala Bidang Informasi Telekomunikasi L.Limbong, dengan narasumber Robinson Simbolon, anggota komisi informasi Sumatera Utara, sementara peserta terdiri dari Pimpinan OPD, Kepala Bagian dan anggota PPID di lingkungan Kota Binjai.

Kadis Kominfo, H Ahmad Ilham sesaat sebelum dibukanya sosialiasi, membacakan laporan kegiatan. H. Ahmad Ilham mengatakan maksud dari kegiatan ini dalam rangka memberikan penguatan dan fungsi PPID, memberikan pemahaman terkait informasi yang layak untuk disampaikan, serta bagaimana penanganan apabila nantinya terjadi sengketa publik.

Sekdako M.Mahfullah  saat membacakan sambutan tertulis Walikota Binjai H.M Idaham,  memberikan apresiasi kepada Diskominfo atas terselenggaranya sosialisasi tersebut, ia menilai bahwa keterbukaan informasi publik sangat penting guna membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Harapannya Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat berjalan dengan optimal  di Kota Binjai. karena Informasi telah menjadi suatu kebutuhan penting bagi masyarakat, untuk itu pemerintah dituntut untuk dapat memberikan informasi yang akurat dan update.

“Apabila informasi yang kita berikan tidak akurat, serta tidak dikelola dengan baik, maka informasi tersebut dapat menjadi bumerang bagi pemerintah,” ujar Sekdako.

Maka dalam hal ini sebagai pemberi informasi kita harus memahami kriteria informasi, sangsi, serta mampu menguasai teknik informasi yang baik.

“Kepada seluruh peserta saya minta agar mengikuti kegiatan ini secara maksimal. Kepada Kadis Kominfo diharapkan dapat benar-benar menerapkan pengelolaan informasi sebagaimana mestinya, sehingga kebutuhan masyarakat akan informasi dapat diperoleh secara cepat dan akurat,” pesan Sekda.

Sementara itu narasumber Robinson Simbolon mengingatkan kepada para pengelola PPID di daerah agar bisa melaksanakan fungsi sesuai aturan yang berlaku. Juga diera keterbukaan ini selaku pejabat harus bisa menjelaskan kepada masyarakat tentang kinerja yang dikerjakan, jangan sampai masyarakat memperoleh informasi yang tidak akurat dan benar. diharapkan juga agar operator PPID dapat menguasai bahan informasi yang diberikan kepada masyarakat, dan bila masyarakat membutuhkan informasi yang belum kita pahami, jangan bertindak seakan mengetahuinya, koordinasi dan konsultasikan pada bidang yang memahami untuk memperoleh informasi tersebut untuk lebih jelasnya.