BINJAI, DLHBinjaiNews (22/9/2018) Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga  adalah arah kebijakan dan strategi dalam pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga tingkat daerah provinsi dan daerah kabupaten/kota yang terpadu dan berkelanjutan.

Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKSTRANAS) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, yang ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 2017 merupakan terobosan baru dalam pengelolaan sampah nasional yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan pengelolaan sampah terintegrasi mulai dari sumber sampai ke pemrosesan akhir.

Untuk mendukung penyelenggaraan penyusunan JAKSTRADA Kota Binjai, DLH Kota Binjai melalui UPTD Pengelolaan Persampahan dan TPA DLH Kota Binjai menyelenggarakan sosialisasi penyusunan Jakstrada Kota Binjai, Rabu, 19/9/2018 . Adapun tujuan dari pelaksanaan sosialisasi Jakstrada ini adalah untuk mendorong dan membantu percepatan penyusunan jakstrada Kota Binjai sekaligus pendukung ranperda Pengelolaan Sampah untuk tahun 2019.

Sosialisasi dihadiri perwakilan kelurahan se-kecamatan binjai barat dan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Camat Binjai Barat Samuel Lumban Toruan saat membuka kegiatan menyampaikan siap mendukung kegiatan penyusunan Jakstrada Kota Binjai dengan melakukan pendataan serta melengkapi data data terkait persampahan diwilayah Kecamatan Binjai Barat.

Rencananya kegiatan sosialisasi Jakstrada Kota Binjai ini selanjutnya akan di gelar diseluruh kecamatan se- Kota Binjai.