BINJAI,DLHBinjaiNews (13/07/2020) Anggota DPRD Binjai, Hairil yang juga Ketua Fraksi PKS menyambangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Jl. Sibolga No.5, Kelurahan Rambung Dalam. Kecamatan Binjai Selatan, Senin, (13/07/2020). Kedatangan beliau dalam rangka ingin mengetahui sejauh mana Bank Sampah menjadi salah satu strategi dalam pengelolaan sampah rumah tangga masyarakat sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Berangkat dari Kantor DLH Kota Binjai, Hairil didampingi Kepala UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai, Debby Lestari, SE bersama Fasilitator Lingkungan Rahman Abdul Rouf, S. Hut bergerak menuju salah satu Bank Sampah Binaan DLH Kota Binjai, Bank Sampah Satu Hati yang beralamat di Jl. Danau Ranau Lk.IX Kelurahan Sumber Mulyo Rejo, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai.

Sesampainya dilokasi, kedatangan anggota DPRD Kota Binjai, Hairil bersama Debby Lestari, SE disambut oleh Direktur Bank Sampah Satu Hati, Ardi Juwono. Ardi menjelaskan Bank Sampah Satu Hati ini terbentuk sejak tahun 2017. “Kita merintis mulai dari nol untuk mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan. Memang berat untuk memulai. Tapi Alhamdulillah saat ini kita sudah memiliki 50 lebih nasabah aktif”, jelasnya.

Ardi menambahkan kita saat ini masih terkendala untuk tempat/gudang penampungan. Karena rumah tempat tinggal sekaligus bank sampah yang sekarang sudah tidak mampu menampung sampah yang masuk setiap minggunya. “kami sedang berusaha untuk mengupayakan penambahan gudang penampungan di bank sampah kami dan moga-moga saja juga kami bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah” harapnya.

Anggota DPRD Kota Binjai, Hairil tinjau TPA didampingi Kepala UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA dan Umar, Koordinator TPA.

Menanggapi penjelasan dari Direktur Bank Sampah Satu Hati, Hairil akan berupaya agar meningkatkan anggaran untuk pengelolaan sampah ke masyarakat. “InsyaAllah saya akan coba mengajukan pada rapat anggaran tahun 2021 nanti untuk penambahan anggaran pengelolaan sampah bagi masyarakat” ujar anggota dewan dari Kelurahan Tunggurono ini.

Hairil juga menyampaikan keinginannya untuk dapat membuat bank sampah diwilayah tempat tinggalnya di Kelurahan Tunggurono, karena menurutnya program Bank Sampah ini bisa meminimalisir tumpukan sampah yang ada di Kota Binjai. Selain itu sampah juga ada yang bisa dimanfaatkan atau didaur ulang sehingga memiliki nilai ekonomis.

Usai mengunjungi Bank Sampah Satu Hati, Hairil kemudian meninjau lokasi Tempat Pemrosesan Akhir Sampah DLH Kota Binjai.