BINJAI,DLHBinjaiNews (15/5/2018) Upaya pengelolaan sampah terus dilakukan Pemerintah Kota Binjai, melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Pemerintah Kota Binjai terus membangun Bank Sampah. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes, mengatakan pihaknya terus membangun bank sampah di Kota Binjai, harapannya jumlah Bank Sampah dapat terus bertambah dan merata disetiap wilayah kecamatan, kelurahan dan lingkungan.

Untuk membangun Komitmen tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai turut mendirikan Bank Sampah yang berlokasi di Kantor DLH Kota Binjai, Jl. Sibolga No.5, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai Nomor 800-1448 Tentang Penetapan Tim Pengelolaan Bank Sampah DLH Kota Binjai Tahun 2018 tanggal 6 April 2018 lalu. Direktur Bank Sampah DLH Kota Binjai Nila Kesuma Saragih, ST.M.AB  mengatakan, kehadiran Bank Sampah DLH Kota Binjai dalam rangka upaya mendukung pengelolaan sampah dan wadah kegiatan peduli lingkungan bagi Pegawai DLH Kota Binjai serta masyarakat Kota Binjai. Diharapkan dengan semakin dekatnya kehadiran Bank Sampah ditengah-tengah masyarakat dapat meningkatkan stimulus masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah rumah tangganya dan memanfaatkan sampahnya dengan menyetor ke Bank Sampah. Selain itu, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar dapat belajar menabung sedikit demi sedikit.

Nila Kesumah Saragih, ST,M.AB juga menerangkan, kategori sampah yang bernilai ekonomi, seperti besi, kaleng, plastik, aluminium dan kardus. Melalui kegiatan bank sampah dan keaktifan masyarakat dalam menabung sampahnya, volume sampah yang dibuang ke TPA tentu akan jadi lebih kecil dan akan menambah umur TPA itu sendiri, sebab semua sampah akan di daur ulang.

“Bank sampah ini menerapkan sistem bank komersil. Hanya saja yang ditabung bukan berupa uang, tapi berupa sampah. Dengan adanya bank sampah, harapan kami bisa membantu menambah ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat kecil.” pungkasnya.

Bank Sampah DLH Kota Binjai beroperasi sekali dalam seminggu, setiap hari Selasa, Pukul 09.00 sampai dengan 12.00 wib dan telah beroperasi mulai hari ini selasa, 15 Mei 2018, dengan sampah perdana dari para Aparatur Sipil Negara DLH Kota Binjai.