BINJAI,DLHBinjaiNews (25/11/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui UPT. Pengolahan Sampah dan TPA memberikan pembinaan sesaat setelah diresmikannya Bank Sampah Sinar Fajar, Kampung KB Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota bertempat di aula Kantor Lurah Setia, Jl. Imam Bonjol, Senin (25/11).

Pembinaan ini diikuti pengurus bank sampah Sinar Fajar yang juga Kader Kampung KB Kelurahan Setia, Lurah Setia, Hadi Kesuma, Kepala UPT KB Kecamatan Binjai Kota, Dra. Fenty Aduma Hutagalung. Sebagai narasumber hadir Kepala UPT Pengolahan Sampah dan TPA, Debby Lestari, SE didampingi Fasilitator Roufman Abdel.

Debby Lestari mengatakan pembinaan terhadap Bank Sampah ini bertujuan untuk memotivasi pengurus bank sampah dalam upaya pengelolaan sampah dan manajemen bank sampah sehingga terbentuk bank sampah yang mandiri. Kehadiran Bank Sampah di Kampung KB ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lurah Setia, Hadi Kesuma, menyerahkan Surat Keputusan Lurah Setia tentang Pembentukan Bank Sampah Kampung KB Sinar Fajar kepada pengurus Bank Sampah.

“selain itu,  meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup sehingga tercipta lingkungan yang bersih, rapi dan sehat,” terangnya.

“Bank Sampah ini akan diserahkan keberlanjutannya kepada masyarakat di Kampung KB, melalui struktur Bank Sampah. Tentunya hal ini perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah seperti Pak Camat, Pak Lurah, lintas sektor, tokoh masyarakat, para kader sehingga bank sampah ini dapat benar-benar berjalan sesuai dengan harapan dan tujuannya,” ujar Debby

Pihaknya berharap, timbangan manual, Spanduk nama, buku tabungan, gunting, cutter dan kalkulator yang diberikan dapat bermanfaat. Hasil tabungannya bisa dicairkan sesuai dengan kesepakatan antara pengurus dan nasabah.