BINJAI,DLHBinjaiNews (28/12/2019) Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah di Kota Binjai, salah satunya dengan Program Sedekah Sampah yang diluncurkan beberapa waktu lalu atas inisiasi BINJAI SEDEKAH BERSAMA dengan didukung Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai.

Kepala UPT Pengolahan Sampah dan TPA pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Debby Lestari, SE mengatakan, program Sedekah Sampah memang terbilang baru di Kota Binjai, tapi manfaatnya sangat baik sekali.

Debby menambahkan, sampah yang disedekahkan merupakan sampah anorganik. Dimana, masyarakat bisa langsung datang ke lokasi penyetoran di Jalan Sekop, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara yang dibuka setiap hari dan di Mesjid Agung Kota Binjai setiap hari Senin dan Kamis ataupun bisa diantar langsung ke Bank Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Jl. Sibolga No.5 Kelurahan Rambung Dalam Kecamatan Binjai Selatan setiap hari Jum’at mulai pukul 08.30 s/d 12.00 wib.

“Masyarakat bisa menyumbangkan sampah yang mereka miliki dengan menabung di bank sampah atas nama BINJAI SEDEKAH BERSAMA dan hasil tabungan tersebut untuk selanjutnya dipergunakan untuk Program Sosial dan Dakwah dan pada Jum’at (27/12) kemarin setoran awal sedekah sampah telah mulai masuk ke Bank Sampah DLH Kota Binjai,” pungkasnya.

Kepala DLH Kota Binjai, dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes mengatakan, gerakan sosial yang juga bertujuan untuk mengurangi volume sampah di Kota Binjai tersebut diharapkan mampu menggerakkan kelompok-kelompok masyarakat dan juga individu untuk lebih peduli terhadap lingkungannya.

Pasalnya, melalui Gerakan Peduli Sampah masyarakat selain dapat membantu pengelolaan sampah di lingkungannya juga dapat beramal dengan menyumbangkan sampah yang dimilikinya melalui Bank Sampah. Program Sedekah Sampah merupakan salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama.

“Sebagaimana sedekah harta akan berpahala, begitu pun sedekah sampah. Prosedur program ini cukuplah mudah, masyarakat diminta untuk melakukan pemilahan sampah anorganik di rumahnya dan menyedekahkannya saat ke Bank Sampah DLH Kota Binjai atas nama BINJAI SEDEKAH BERSAMA”.