BINJAI,DLHBinjaiNews (30/12/2020) Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan di Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai.

Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi P2M BNNK Binjai diterima oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian, Raja Ahmad Muhajjier S.Sos bertempat di Ruang Kerja Sekretaris Kantor DLH Kota BInjai, Rabu (30/12/2020).

Salah satu anggota Tim Seksi P2M BNNK Binjai, Eva Monica mengatakan, pada dasarnya kegiatan Monev ini merupakan kegiatan pemantauan pelaksanaan kegiatan, bukan suatu kegiatan untuk mencari kesalahan, tetapi membantu melakukan tindakan perbaikan secara terus menerus.

Ia memaparkan, monitoring dan evaluasi dilakukan sebagai usaha untuk menentukan apa yang sedang dilaksanakan dengan cara memantau hasil atau prestasi yang dicapai, dan jika terdapat penyimpangan dari standar yang telah ditentukan, maka segera diadakan perbaikan, sehingga semua hasil yang dicapai dapat sesuai dengan rencana.

Dijelaskannya, monitoring yaitu proses pengumpulan dan analisis informasi berdasarkan indikator yang ditetapkan secara sistematis dan kontinyu tentang program atau komponen kegiatan, sehingga dapat dilakukan tindakan koreksi untuk penyempurnaan program atau komponen kegiatan itu. Sedangkan evaluasi adalah proses penilaian pencapaian tujuan dan pengungkapan masalah kinerja.

“Adapun tujuan monitoring, yakni mengkaji apakah kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan rencana? Mengidentifikasi masalah yang timbul agar langsung dapat diatasi, melakukan penilaian apakah pola kerja dan manajemen yang digunakan sudah tepat untuk mencapai tujuan kegiatan, mengetahui kaitan antara kegiatan dengan tujuan untuk memperoleh ukuran kemajuan, serta menyesuaikan kegiatan dengan lingkungan yang berubah, tanpa menyimpang dari tujuan,” jelas Eva.

Sedangkan tujuan evaluasi yaitu untuk mendapatkan informasi dan menarik pelajaran dari pengalaman mengenai pengelolaan kegiatan, keluaran, manfaat, dan dampak dari kegiatan pembangunan yang baru selesai dilaksanakan, maupun yang sudah berfungsi, sebagai umpan balik bagi pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian kegiatan selanjutnya.