BINJAI,DLHBinjaiNews (26/4/2019) Kelompok dasawisma merupakan motor penggerak dan ujung tombak dari gerakan PKK. Eksistensi PKK telah teruji dan diakui di tengah-tengah masyarakat. mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi bahkan sampai ketingkat nasional, sehingga tidak diragukan lagi pengabdian, loyalitas dan jiwa kesukarelaan PKK. Perannya ditengah masyarakat sangat diharapkan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga baik lahir maupun bathin.

Dasawisma merupakan bentuk dari perwujudan kebersamaan, kesadaran bergotong royong dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK. salah satu program  dari 10 program pokok PKK diantaranya adalah lingkungan hidup.Saat ini diseluruh wilayah indonesia, tak terkecuali Kota Binjai dihadapkan dengan persoalan sampah.

Sampah merupakan persoalan besar. Banyak alat namun tidak semua bisa dipakai. Banyak teori atau kajian namun belum tentu semua berjalan dengan sukses, namun dengan adanya dukungan dari dasawisma ini diharapkan dapat terlaksananya gotong royong yang diawali dari rumah tangga. Ibu-ibu PKK dapat mengolah sampah barang bekas menjadi aneka kerajinan. Hal ini telah dibuktikan oleh salah satu Kelompok Dasawisma yaitu Dasawisma Anggrek 3 Lingkungan VIII Kelurahan Damai Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai.

salah satu kerajinan tangan dari sampah plastik oleh ibu-ibu Dasawisma Anggrek 3

Dasawisma Anggrek 3 dalam kegiatan relawannya telah mampu menciptakan berbagai kerajinan tangan dari sampah plastik diantaranya seperti taplak meja dari sedotan plastik, Vas bunga hiasan plastik dari botol plastik dan lain sebagainya, tidak hanya itu saja para anggota dasawisma anggrek 3 juga sangat mencintai tanaman hias ,tanaman obat maupun berkebun, terlihat hampir disetiap rumah anggota dasawisma memilikinya dan memanfaatkan lahan yang ada diperkarangan rumahnya masing-masing

Tentunya kegiatan yang dilakukan ibu-ibu anggota dasawisma seperti ini akan mampu memberikan stimulus positif bagi lingkungannya. menciptakan Lingkungan yang asri dan hijau, sehingga tercipta lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, bumipun akan selamat.