BINJAI,DLHBinjaiNews (18/10/2018) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli,M.Kes yang diwakili Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Mahyar Nafiah, STT, M.Si dan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Raja Ahmad Muhajjier S.Sos DLH Kota Binjai menghadiri undangan Acara  “Indonesia Climate Change Forum & Expo Tahun 2018″ yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Santika Dyandra Convention Center, Medan yang berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 17 – 19 Oktober 2018.

Adapun kegiatan ICCFE Tahun 2018 ini mengangkat tema “Together Towards a Low Carbon Future (Bersama Menuju Masa Depan Karbon Rendah). Acara ini diikuti oleh kementerian/lembaga pemerintah, pemda, dunia usaha, masyarakat dan lembaga internasional yang menyokong pengendalian perubahan iklim.

Adapun Tujuan utama dari 8 ICCFE 2018 adalah untuk mengembangkan pengetahuan dasar dari ilmu perubahan iklim regional mengidentifikasi strategi yang relevan secara lokal untuk adaptasi dan komunikasi iklim memasukkan informasi dan alat terkait iklim ke dalam layanan dan program penyuluhan kooperatif. Ini juga merupakan tempat bagi berbagai pemangku kepentingan untuk berbagi pengalaman tentang kemitraan iklim untuk implementasi NDC, mengidentifikasi tren yang muncul dan praktik berdampak pada kerja sama iklim, mendiskusikan solusi iklim yang dapat diskalakan; dan mencari peluang untuk menjalin kemitraan iklim di antara berbagai pemangku kepentingan.

                                               Pameran Edukasi Perubahan Iklim di Hotel Santika Dyandra, Medan

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr Ir Agus Justianto,

Adapun acara pembukaan di isi dengan Nyanyian Paduan Suara dari SDN 067245 Medan yang merupakan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2016, kemudian adanya penampilan Tarian Persembahan Melayu oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Djati Witjaksono Hadi saat pembacaan laporan penyelenggaraan 8th Indonesia Climate Change Forum Expo 2018 mengatakan, event ini sebagai upaya KLHK untuk menyebarkan informasi dan dialog dengan pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat mengenai pengendalian perubahan iklim.

“Sumatera Utara menjadi tuan rumah pertama di daerah dalam penyelenggaraan event ini. Sekitar 100 orang partisipan yang terbagi dalam 60 stand pameran turut meramaikan acara ini,” katanya.

Turut hadir dalam pembukaan acara Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ir Djati Witjaksono Hadi MSi, Pelaksana Sekda Provinsi Sumatera Utara Ibnu S Hutomo MM, Pimpinan Forkompinda, Pejabat Eselon I dan II Lingkup KLHK, dan Kepala UPT, Kepala Sekolah, Pimpinan Dunia Usaha dan LSM.