BINJAI,DLHBinjaiNews (31/8/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai bekerjasama dengan Tim World Cleanup Day (WCD) 2019 Binjai melaksanakan kerja bakti pembersihan seputar kawasan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Mencirim, Binjai ,Jum’at (30/8). Hal ini dalam rangka mendukung Road To WCD 2019 yang akan digelar pada 21 September mendatang secara serentak diseluruh dunia termasuk Kota Binjai. Acara tersebut diikuti oleh Kepala DLH Kota Binjai, dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Kabid Kebersihan dan Angkutan Muhammad Alhuda, S.STP, (Komunitas DLH Kota Binjai, Komunitas Grapali Binjai-Langkat (WCD Binjai) ), Uptd. Pengelolaan Sampah dan TPA, Satgas Pasukan Kuning.

Kabid Kebersihan dan Angkutan Muhammad Alhuda, S.STP mengungkapkan bahwa kegiatan bersih-bersih seputar kawasan TPA dalam rangka mendukung kegiatan pre-event WCD 2019 Kota Binjai, dan salah satu upaya untuk mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 80 personil.

“Kepedulian terhadap lingkungan itu sangat penting, termasuk kebersihan seputar kawasan TPA, bukan berarti karena TPA adalah tempat berakhirnya sampah yang diangkut dari masyarakat, lantas kebersihannya tidak dijaga, justru dengan kawasan TPA yang terlihat bersih, sehingga bayangan masyarakat selama ini yang menganggap TPA itu selalu jorok, kotor, bau berangsur akan berubah pemikirannya” jelas Huda.

Huda juga mengajak masyarakat Kota Binjai untuk risau terhadap sampah, risau terhadap lingkungan dengan peduli terhadap kebersihan lingkungan serta mempromosikan kegiatan positif untuk mengolah sampah. Kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya dari Pemerintah Daerah.

Salah satu anggota komunitas Grapali Binjai Langkat Aldhie yang juga Co-Leader Core Team WCD 2019 Kota Binjai mengaku sangat senang dapat berkolaborasi dengan DLH Kota Binjai untuk bersama-sama menyukseskan World Cleanup Day 2019.

“Kegiatan bersih-bersih di kawasan TPA Mencirim ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan menuju WCD 2019 yang diadakan pada 21 September 2019 mendatang, dalam arti kata, ini merupakan kegiatan pemanasan (pre-event) sekaligusi agar semakin lebih mengenal dengan anggota coreteam WCD 2019 lainnya”katanya

Disisi Debby Lestari,SE, Kepala UPT Pengelolaan Sampah dan TPA sekaligus Leader WCD 2019 Kota Binjai menyampaikan gotong royong kebersihan lingkungan merupakan wujud budaya bangsa indonesia yang harus dibangkitkan dan dilestarikan,  bahkan seluruh dunia untuk melakukan hal yang sama..

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat kota binjai untuk turut serta bergabung dan mengikuti kegiatan World Cleanup Day 2019 Kota Binjai nanti, bersama kita jaga kota binjai ini untuk bebas sampah menuju indonesia bebas sampah 2025” ujar Debby.