BINJAI,DLHBinjaiNews ( 26/11/2020) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr. T.Amri Fadli, M.Kes diwakili Plt.Sekretaris Asminawati, S.Sos didampingi Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan Nila Kesuma Saragih ,ST, M.AP membuka acara lanjutan Focus Grup Discsussion Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Binjai di Aula Kantor UPTD Laboratorium DLH Kota Binjai, Kamis (26/11).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari agenda yang sama yang sudah digelar bulan lalu dan beberapa pertemuan lain setelahnya. Hadir pada FGD itu, perwakilan seluruh OPD di lingkungan pemerintahan daerah yang masuk sebagai Anggota Pokja Tim Penyusunan KLHS RPJMD Kota Binjai 2021-2024.

Dimana berdasarkan Undang-undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, maka pemerintah wajib melaksanakan KLHS terhadap dokumen-dokumen perencanaan, termasuk RPJMD, sehingga berguna untuk dapat meminimalisir dampak negatif atas pelaksanaan pembangunan.

Anggota Pokja Tim Penyusunan KLHS RPJMD Kota Binjai 2021-2024

KLHS sendiri merupakan pendekatan strategi jangka panjang pengelolaan lingkungan menuju pembangunan berkelanjutan.

“Tujuan utama KLHS adalah untuk memastikan prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan selama ini., proses pembangunan terformulasikan dalam kebijakan, rencana dan/atau program dipandang kurang mempertimbangkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan secara optimal” kata Asminawati.

Lanjutnya lagi Asminawati mengharapkan seluruh anggota pokja dapat bekerja sama di dalam identifikasi, analisis dan klasifikasi atas data yang sudah terkumpul sesuai dengan bidang urusannya.