BINJAI,DLHBinjaiNews (11/10/2019) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Binjai melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Kearsipan bagi Pengelola Arsip di Lingkungan Pemerintah dan Swasta Kota Binjai Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kota Binjai  pada tanggal 8 – 9 Oktober 2019. Bimtek Kearsipan dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam melaksanakan pengelolaan arsip di OPD masing-masing. Narasumber Bimtek Kearsipan adalah Ibu Herli Selbi Simanjuntak, SE, M. Si ( Plt. Kabid. Arsip Provsu) dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara memberikan materi dan melaksanakan praktek selama dua hari.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Binjai Hj. Sri Rahmawati dalam sambutan tertulisnya mengatakan penyelenggaraan kearsipan di OPD ini, tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, tetapi juga menjadi tanggung jawab pengelola kearsipan OPD sendiri. Organisasi Perangkat Daerah perlu melakukan persiapan menajemen kearsipan dengan mengembangkan kualitas dan kuantitas pengelola kearsipan yang memadai, sehingga pengelolaan kearsipan akan menjadi lebih baik sesuai dengan PERMENDAGRI No. 78 Tahun 2012 tentang Tata Kearsipan Di Lingkungan Kementrian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

“Kita berusaha meningkatkan kualitas insan pengelola arsip (SDM) di OPD menuju pada profesionalisme melalui bimbingan teknis, meningkatkan kesadaran dan pola pikir aparatur akan pentingnya arsip, dan membangun karakter aparatur untuk menghargai nilai arsip yang sesungguhnya,” tuturnya.

Sri Rahmawati melanjutkan, Kearsipan sebuah OPD seharusnya berada di peringkat pertama karena kebutuhan utama. Baik itu arsip perseorangan atau pun arsip kelembagaan.

Dalam kegiatan Bimtek kearsipan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai menugaskan Maharani dan Nila Kesuma Nasution selaku staf pengelola kearsipan di Bagian Umum dan Kepegawaian. Semoga apa yang di dapat di dalam Bimtek tersebut bisa menambah pengetahuan dan menjadi lebih peduli kepada arsip-arsip yang selama ini kurang mendapat perhatian di OPD. (RAM-DLH)