BINJAI,DLHBinjaiNews (27/10/2020) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal (DIrjen) Cipta Karya Balai Teknologi Sanitasi melakukan Sosialisasi Profil Balai dan Evaluasi Pasca Bimbingan Teknis Periode 2017-2019 di Santika Premiere Dyandra Hotel and Convention, Medan, Senin, (26/10).

“Pada tahun 2020, terdapat perubahan nomenklatur serta tugas dan fungsi Balai Teknik Penyehatan Lingkungan dan Permukiman menjadi Balai Teknologi Sanitasi sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 16 Tahun 2020 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Kementerian PUPR” ujar Meinar Manurung, selaku salah satu Tim Teknis Balai Teknologi Sanitasi Kementerian PUPR saat membuka kegiatan . Dikatakan dengan perubahan tersebut kegiatan Balai Teknologi Sanitasi akan mencakup terkait sanitasi yang lebih luas dan fokus dari pada sebelumnya.

Lanjutnya lagi, tidak hanya mensosialisasikan Profil Balai, menurut Meinar, sebagai koordinator kegiatan pasca Bimbingan Teknis terhadap peserta pada hari ini untuk beberapa tujuan. “Tujuan dari kegiatan evaluasi pasca bimbingan Teknis di Balai Teknik Penyehatan Lingkungan Permukiman yang saat ini bernama Balai Teknologi Sanitias adalah agar terjalinnya hubungan interaktif antara Balai Sanitasi Teknologi dan instansi asal peserta pelatihan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi, terhimpunnya informasi sebagai bahan umpan balik bagi Balai Teknologi Sanitasi untuk penyempurnaan program dan pelaksanaan diklat di masa yang akan datang serta untuk mengetahui sejauh mana implementasi / tingkat penerapan materi diklat terhadap tugas fungsi pekerjaan serta permasalahan di wilayah kerjanya”, jelas beliau.

Kegiatan Sosialisasi Profil Balai dan Evaluasi Pasca Bimbingan Teknis diikuti dari PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, PDAM Tirtanadi Kota Medan, Bappeda Kota Medan, Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, DLH Kabupaten Serdang Bedagai, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Deli Serdang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tebing Tinggi, UPTD Pengelolaan Air Limbah Rumah Tangga Kota Tebing Tinggi, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Kebersihan Kota Tebing Tinggi, dan DLH Kabupaten Langkat.

Kegiatan Monev 2020 selama 2 hari dari tanggal 26 – 27 Oktober 2020 ini menghadirkan beberapa narasumber dengan materi Kebijakan dan Strategi Bidang Cipta Karya oleh Meinar Manurung, Tantangan Pengembangan Pengembangan Pelayanan Sanitasi Era Pasca pandemi oleh Prof. Jhoni Hermana, Institut Teknologi Surabaya, kemudian Produk Teknologi Bidang Cipta Karya oleh Elis Hastuti. Pada hari kedua, kegiatan Wawancara dan Diskusi  Hasil Monev Alumni Bimtek.