BINJAI,DLHBinjaiNews (30/3/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai mengijuti acara pelatihan penggunaan aplikasi SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional) Lapor! yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB bekerjasama dengan Ombudsman RI Perwakilan Sumut dan Forum Indonesia untuk Transparansi AnggaranA(FITRA) sejak tanggal 27 s/d 29 Maret 2019 di Convention Hall Hotel Antares Jl.S.M Raja, Medan.

SP4N Lapor! adalah aplikasi pelaporan masyarakat kepada pemerintah khususnya terkait dengan pelayanan publik. aplikasi Lapor! didesain oleh tiga lembaga yaitu Kemenpan RB, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman. Sistem pelaporan ini sendiri adalah top down, yang artinya jika masyarakat membuat sebuah laporan, maka laporan akan masuk pertama kami ke KEMEN PAN-RB, selanjutnya diteruskan ke Provinsi target pengaduan, jika pengaduan tersebut merupakan wewenang dari pemerintah Kabupaten/Kota maka, pihak provinsi akan meneruskan ke Kabupaten/Kota dimaksud.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 4 tahun 2016, seluruh pemerintah daerah diharapkan bisa terhubung dengan aplikasi, tentunya dibutuhkan komitmen yang kuat dari pemerintah daerah agar sistem pelaporan tersebut dapat terwujud dengan baik.

Pada acara yang dihadiri oleh puluhan admin dari instansi dari kabupaten/Kota ini, antara lain Kab.Gunung Sitoli, Kota Binjai, Kab.Deli Serdang, Kota Pematang Siantar Kab.Nias .Kemen PAN-RB juga melakukan sosialisasi tentang rencana aksi (renaksi) yang harus dilaksanakan oleh instansi yang belum menggunakan SP4N Lapor! dengan tujuan agar instansi memiliki panduan dalam proses integrasinya SP4N Lapor!.

Dalam pelatihan itu DLH Kota Binjai menugaskan Rani Daulay dan Imam Buchari Ichsan selaku admin SP4N LAPOR DLH Kota Binjai.