BINJAI,DLHBinjaiNews (7/6/2018) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr.Tengku Amri,M.Kes diwakili Kepala UPT TPA dan Pengelolaan Sampah Halomoan P.Simangunsong,ST mengikuti kegiatan Pendampingan Penyusunan Pedoman Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKTRADA) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga di Wilayah P3E Sumatera,senin,(4/6/2018).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sekretariat Jenderal Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera dipusatkan di Hotel Pangeran Jl.Jenderal Sudirman No.371-373 Pekanbaru.

Kegiatan Pendampingan Penyusunan Kebijakan dan Strategi Daerah pengelolaan sampah tersebut bertujuan untuk memberikan arahan dan membantu percepatan penyusunan Jakstrada Provinsi dan Kabupaten/Kota hingga pada bulan Oktober seluruh Kabupaten/kota telah memiliki JAKSTRADA-nya masing-masing. Hal ini merupakan kegiatan lanjutan dimana sebelumnya Seluruh Dinas Lingkungan Hidup Se-Indonesia beserta seluruh stakeholder terkait mengikuti Rapat Koordinasi Nasional sosialisasi Peraturan Presiden No.97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (Rakornas Jakstranas) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Senayan Jakarta tanggal 3 April 2018 lalu.

Upaya mengatasi permasalahan sampah nasional sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Presiden No. 97 Tahun 2017 ini, Pemerintah Kabupaten/Kota beserta dinas terkait perlu kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak seperti swasta dan masyarakat, harap Halomoan.

Halomoan menyebutkan, target pencapaian penyelenggaraan Jakstranas, diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30%, dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025.

Dokumen JAKSTRADA tidak saja merupakan dokumen normatif dan kualitatif namun dokumen yang menggambarkan target capaian dan upaya pengelolaan sampah secara kuantitatif yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan daerah masing-masing yang dituangkan dalam program pengelolaan sampah sexara integrasi mulai dari sumber sampai ke tempat pemrosesan akhir (TPA) dan akan dilaksanakan oleh seluruh perangkat daerah,  Nantinya JAKSTRANAS dan JAKSTRADA ini akan menjadi rencana induk pengelolaan sampah nasional dan daerah (master plan) yang terukur pencapaiannya secara bertahap sampai tahun 2025 sekaligus dokumen JAKSTRADA yang dibuat oleh Provinsi dan Kabupaten/Kota juga akan menjadi dasar KLHK dalam mengevaluasi program ADIPURA dengan melihat bagaimana komitmen dan keseriusan kota dalam menyusun perencanaan kota dalam pengelolaan sampah.

Kegiatan pedampingan penyusunan kebijakan tersebut diikuti Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan ekoregion Sumatera, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Wilayah Sumatera, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota wilayah Sumatera, Kepala Bappeda Provinsi, Kabupaten/Kota wilayah Sumatera serta tamu undangan dan narasumber.

.