BINJAI,DLHBinjaiNews (18/09/2020) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes diwakili Kasubbag Umum dan Kepegawaian Raja Ahmad Muhajjier S.Sos ikuti Rapat Pembahasan Pra Studi Kelayakan Proyek Pengelolaan Sampah Menjadi Energi di TPA Regional Mebidangro Via aplikasi Zoom, Jum

Rapat yang diselenggarakan Bappeda Provsu diikuti DLH Kab/Kota wilayah Mebidang, DLH Serdang Bedagai, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provsu (Dinas SDA & TR Provsu),  PT. Anugrah Rumbai Lestari (Sinta Triani, Kasban Eka Putra), Daniel David (London-England).

Dalam kesempatan itu, PT Anugrah Rumbai Lestari mempresentasikan kajian analisis hasil penelitian yang dilakukan pihaknya terhadap pengelolaan sampah di Kota Medan, Kota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Karo serta rencana kerja terkait pengelolaan sampah menjadi menjadi energi listrik melalui TPA Regional Mebidangro.

Para peserta khususnya dari DLH Kab/Kota regional Mebidang menyambut baik akan rencana tersebut, namun masih diperlukan kajian lebih dalam mengingat karakteristik masyarakat indonesia sangatlah berbeda dibandingkan negara diluar indonesia. Perwakilan Dinas SDA, CK & TR Provsu mengatakan bahwa masyarakat indonesia masih sulit melakukan pemilahan sampah dari rumahnya, sampah dari berbagai jenis masih dalam kondisi tercampur baik organik maupun non organik, belum lagi total sampah yang dihasilkan dari wilayah regional Mebidang apakah sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk diolah menjadi energi listrik standar. Untuk itu diharapkan Pihak Investor atau perusahaan yang akan melaksanakan kegiatan ini dapat meneliti lebih lanjut sehingga standarisasi yang diperlukan dalam pembangunan proyek dimaksud dapat berjalan sesuai harapan.