BINJAI,DLHBinjaiNews (7/9/2021) Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Lailan Syafina, SE, M.AP mengikuti Workshop dan Sosialisasi Regional Pengenalan Program USAID IUWASH Tangguh yang difasilitasi oleh Bappeda Provinsi Sumatera Utara di Ruang Meeting Hotel Santika Dyandra, Jl. Kapten Maulana Lubis No.7 Medan, Rabu (7/8/2022).

Dikatakan Program USAID Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS) merupakan sebuah inisiatif untuk mendukung Pemerintah Indoonesia dalam upaya meningkatkan akses air minum, sanitasi yang aman, dan higiene bagi masyarakat miskin dan kelompok rentan di perkotaan.

Program USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation and Hygiene dengan dana sebesar USD 44,1 juta (USAID IUWASH Tangguh) akan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia, lembaga donor, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, penyedia layanan air minum, dan masyarakat untuk memperkuat sektor WASH dan pengelolaan sumber daya air di Indonesia.

Secara khusus, USAID akan meningkatkan akses terhadap layanan air minum dan sanitasi aman serta meningkatkan pengelolaan sumber daya air untuk mendukung layanan air minum yang tangguh iklim. Melalui pembinaan dan percontohan yang positif, USAID akan membantu perempuan mendapatkan keterampilan dan menumbuhkan kepercayaan diri untuk memimpin kegiatan WASH dan pengelolaan sumber daya air.

USAID IUWASH PLUS bekerjasama dengan 35 Pemerintah Daerah di Indonesia yang tersebar di 8 Provinsi, salah satunya Provinsi Sumatera Utara.