BINJAI,DLHBinjaiNews (26/01/2022) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui Kepala Dinas, Amas Mansyur Siregar, ST dan Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan (PKL) Puji Asti Purnamasari Ren, ST beserta Bappeda Kota Binjai mengikuti kegiatan “Sosialisasi UI Green City Metric Ranking yang dilaksanakan secara daring, hal ini dimaksudkan untuk membantu Pemerintah Kabupaten/Kota membangun kota sesuai dengan¬†prinsip ‚ÄúSustainable Development Goals (SDG).

Kegiatan tersebut digelar oleh UI Green Metric, yang telah mengembangkan pengukuran kualitas lingkungan kabupaten/kota di Indonesia, yang bernama UI Green City Metric, yang dikenal sebagai satu-satunya dan yang pertama untuk pemeringkatan universitas di dunia dalam bidang berkelanjutan, dan juga sebagai pemeringkatan universitas di bidang keberlanjutan dalam melakukan suatu inovasi serta penyesuaian indikator agar penilaian terkait dengan keberlanjutan juga dapat dilakukan bagi Kabupaten/Kota di Indonesia melalui UI GreenCityMetric.

Perkembangan dalam bidang berkelanjutan dirasa cukup penting tidak hanya bagi institusi pendidikan seperti universitas saja. Namun, perkembangan dalam bidang tersebut juga sangat penting bagi cakupan area/wilayah yang lebih luas lagi seperti Kabupaten/Kota.

Kepala Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan, Puji Asti Purnamasari Ren, ST tengah mengikuti zoom Sosialisasi UI Green City Metric Ranking diruang kerjanya.

Untuk itulah UI Green Metric mengajak seluruh kabupaten/kota yang ada di Indonesia, untuk ikut berpartisipasi dalam memperkuat kebijakan, dan meningkatkan kinerja keberlanjutan kabupaten/kota, sekaligus melihat seberapa jauh usaha yang telah dilakukan untuk meningkatkan ataupun memperbaiki isu-isu keberlanjutan yang ada di Kabupaten/Kota.

Partisipasi tersebut dilaksanakan dengan cara melakukan pengisian kuesioner secara online di greenmetric.ui.ac.id/city/ , dengan menggunakan username dan password yang diberikan oleh UI Green Metric, dan pengisian kuisioner tersebut di tunggu selesai hingga bulan maret 2022.

Pengurus UI Green Metric Bapak Ruki Harwahyu, mengungkapkan Pemeringkatan Kabupaten/Kota di Indonesia melalui UI Green City Metric dibuat sebagai alat bagi Kabupaten/Kota untuk menjawab berbagai permasalahan keberlanjutan yang dihadapi dunia terlebih di Indonesia saat ini. Kabupaten/Kota dapat berkerja bersama-sama untuk mengurangi akibat dari permasalahan lingkungan, karena UI Green City Metric adalah lembaga nirlaba sehingga semua Kabupaten/Kota dapat berpartisipasi tanpa dipungut biaya.