BINJAI,DLHBinjai (29/01/2021) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui UPTD. Laboratorium, diwakili oleh Kepala Tata Usaha, Anwar dan petugas laboratorium mengikuti Webinar melalui zoom meeting bertajuk “Pengelolaan Limbah Medis dan Farmasi di Masa Pandemi COVID-19” pada hari Kamis (28/01/2021) yang diselenggarakan Universal ECO didukung oleh KLHK, Nexus 3 dan ITB.

Sejak temuan kasus pertama COVID-19 di Indonesia pada awal Maret 2020, jumlah pasien positif COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Seiring dengan kenaikan jumlah kasus, limbah medis yang ditimbulkan pun ikut mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu berada di angka 30% – 50%. Maka dari itu, Pengelolaan Limbah Medis dan Farmasi menjadi salah satu fokus penting dari pemerintah, karena jika tidak dikelola dengan tepat, limbah ini dapat menjadi sumber penularan COVID-19.

Adapun narasumber dihadirkan diantaranya :

1. Bapak Haryo Satriyo Tomo, ST, MT. Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung “Urgensi Pengelolaan Limbah Medis dan Farmasi pada Masa Pandemi”

2. Ibu Yuyun Ismawati Drwiega Senior Advisor Nexus3 Foundation “Upaya Penanganan Lonjakan Limbah Medis dan Farmasi pada Masa Pandemi” 3. Direktorat Verifikasi Pengelolaan Limbah B3 dan Limbah Non B3 Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) “Kebijakan dan Program Pemerintah Terkait Pengelolaan Limbah Medis dan Farmasi” Moderator:

3. Ibu Yunesfi Syofyan, S.Si. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)