BINJAI,DLHBinjaiNews (17/12/2019) Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Sekdako Binjai, M Mahfullah P Daulay, bertindak sebagai inspektur upacara pada Apel Gabungan di Lingkungan Pemko Binjai, Senin (16/12/2019).

Mengawai sambutannya, sekdako menyampaikan rasa syukurnya dan mengucapkan terima kasih karena beberapa waktu lalu, pemerintah Kota binjai berhasil memperoleh penghargaan untuk keenam kalinya sebagai Kota Peduli HAM yang diberikan Kementerian Hukum dan HAM di Kota Bandung. Capaian tentunya tidak terlepas dari komitmen dan keseriusan Pemerintah Kota Binjai dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan guna pemajuan dan perlindungan HAM di Kota Binjai.

Sekdako juga mengingatkan persoalan sampah merupakan salah satu permasalahan utama dibidang lingkungan hidup, karena pada dasarnya aktivitas manusia dalam kesehariannya tidak lepas dari produksi sampah.

“Saya mengharapkan seluruh Instansi dan ASN dilingkungan Pemerintah Kota Binjai khususnya para aparatur ditingkat Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Binjai agar memulai untuk melaksanakan Gerakan Cinta Kebersihan sebagai suatu kegiatan wajib dan kebiasaan hidup, baik secara perseorangan maupun dengan gotong royong bersama warga, terlebih dimusim penghujan seperti sekarang ini, sehingga harapan mewujudkan Binjai Smart City yang ramah lingkungan, bersih, sehat dan asri dapat tercipta” ujarnya.

Terkait kebersihan lingkungan, Sekda juga menyampaikan laporan warga terkait ditemukannya bangkai babi di sungai Bingai Binjai beberapa waktu lalu, hal itu tentu nya akan mencemarkan air sebagai sumber kehidupan warga.

“Saya minta kepada Instansi terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kota Binjai, BPBD Kota Binjai dan Satpol PP Kota Binjai bekerjasama melakukan pengawasan terhadap ternak babi yang ada dikota binjai, melakukan sosialisasi terhadap pemilik ternak dan meminta warga segera melaporkan apabila ditemukannya ternaknya yang mati secara tidak wajar kepada instansi terkait” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, sekda juga menyerahkan penghargaan kepada pemenang sudut baca yang diinisiasi oleh Ibu-ibu TP.PKK Kota Binjai.

Adapun OPD pelaksana pada apel pagi senin ini dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai.