BINJAI,DLHBinjaiNews (211/02/2021) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai lakukan reaksi cepat terhadap laporan Aktivis Lingkungan Binjai, Lukman Tarigan di media sosial yang beredar melalui postingan akun Facebook miliknya pada Selasa malam sekira pukul 21.39 (19/02/2021).

Dalam postingan warga terlihat foto tumpukan sampah yang dilakukan oknum pembuang sampah liar di halaman ruko kosong milik pribadi di tepi lintasan jalan Ikan Bawal, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur.

DLH Kota Binjai segera merespon cepat laporan warga di keesokan harinya, Rabu (20/01/2021) sekira pukul 13.00 Wib dan langsung melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah di lokasi.

Lokasi Ruko Kosong Milik Pribadi usai dilakukan pembersihan sampah liar oleh Petugas Kebersihan DLH Kota Binjai

Pengawas Lapangan Angkutan DLH Kota Binjai, Agus  yang mengawasi langsung pembersihan tersebut mengatakan bahwa lokasi tersebut memang kerap di bersihkan oleh DLH Kota Binjai, namun kejadian pembuangan sampah yang dilakukan oknum pembuang liar selalu terjadi.Bahkan Plank Larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan yang dipasang warga sekitar juga sudah ada lokasi namun tidak diindahkan oleh oknum pembuang sampah liar.

“Lokasi itu sering di bersihkan namun kesadaran warga yang melintas atau oknum warga pembuang sampah liar sepertinya masih terus terjadi, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat masih kurang nah kalau musim penghujan begini yang kita kuatirkan sampah liar akan berserakan terbawa genangan air hujan dan jatuh kedalam drainase, tentu ini dapat mengakibatkan banjir,” paparnya, Rabu (20/01/2021).

Ia menghimbau agar kiranya masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya, lakukan pemilahan sampah sesuai jenis, sampah organik dan sampah non organik. Bahkan sudah banyak Bank Sampah  di Kota Binjai yang bisa dimanfaatkan untuk menabung sampah rumah tangga kita jenis non organik yang bisa menjadi tambahan penghasilan.