BINJAI,DLHBinjaiNews (14/03/2019) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan ecobrick di aula Kantor Camat Binjai Utara, Rabu (13/3). Kegiatan ini diikuti puluhan pengurus dan kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Binjai Utara.

Dalam pelatihan, Pemateri Satria Siswanda dan Samaria Br.Tarigan selaku Fasilitator UPTD Pengolahan Sampah dan TPA DLH Kota Binjai menjelaskan bagaimana bahaya dari sampah plastik terutama mikroplastik jika sampai masuk di tubuh manusia, sehingga diberikan solusi berupa pembuatan ecobrick.

Pembuatan ecobrick adalah suatu alternatif dari pemanfaatan sampah-sampah plastik untuk selanjutnya dibuat sebuah kreasi, sehingga sampah plastik tidak hanya dibuang begitu saja tetapi dapat dimanfaatkan.

Cara pembuatannya juga sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun yaitu dengan memasukkan sampah-sampah plastik yang kering dan bersih kedalam botol plastik dan memampatkannya sampai botol plastik benar-benar padat.

Setelah itu, botol-botol plastik yang sudah padat, dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kreasi sesuai yang diinginkan, seperti kursi, meja, tempat sampah, dan lain-lainnya.

Diakhir materi pelatihan, Satria mengingatkan kedepannya masyarakat semakin sadar tentang permasalahan sampah dan ikut serta dalam upaya pengurangan sampah .

“Saya berharap kegiatan ini akan dapat menjadi hal yang positif dan menjadikan kader-kader PKK di Kecamatan Binjai Utara, dapat berkreasi mejadikan barang-barang yang sebelumnya tidak bernilai mejadi bernilai tinggi serta mengembangkannya lebih luas kepada masyarakat,” ujarnya.

Koordinator Adm dan Pengolah Data UPTD PS dan TPA DLH Kota Binjai tengah menjelaskan proses pembuatan Ecobrick

Diwaktu yang bersamaan, kegiatan serupa juga dilakukan Tim UPTD PS dan TPA DLH Kota Binjai lainnya yang dikoordinir Reza Fahmi Tarigan diwilayah Kelurahan Berngram disalah satu rumah warga, diikuti Tim PKK Kota Binjai, Tim PKK Kelurahan Berngam dan Anggota Posyandu Anak-anak.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes, mengapresiasi cara pengolahan limbah plastik tersebut.

Menurutnya, limbah plastik sangat berbahaya karena tidak bisa langsung terurai oleh alam. ’’Cara ini, merupakan cara yang cukup baik untuk mengolah limbah plastik. Karena jika jumlahnya sudah banyak, bisa dibentuk menjadi berbagai mebel seperti kursi bangku dan meja,’’tandasnya.