BINJAI,DLHBinjaiNews (18/02/2019) Dalam mengatasi permasalahan sampah diperkotaan, Pemerintah Kota Binjai tidak dapat bekerja sendiri, butuh kesadaran dan kerjasama aktif dari seluruh elemen masyarakat agar permasalahan sampah tersebut dapat diatasi. Oleh sebab itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melalui UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA terus gencar melakukan sosialisasi pengelolaan sampah dan pembentukan Bank Sampah di Kota Binjai. Pada Jum’at kemarin (15/02/2018) sosialisasi dilaksanakan di Lingkungan VI, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota yang dihadiri Masyarakat Lk.VI, Pengurus KSM Satria Sejati dan Lurah Satria. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat berkeinginan membentuk kelompok-kelompok bank sampah.

“Program sosialisasi pembinaan pengelolaan sampah merupakan salah satu upaya membentuk kemitraan dan pemberdayaan terhadap masyarakat dengan tujuan melibatkan peran serta masyarakat melalui bank sampah,” kata Fasilitator Bank Sampah UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA, Abdel Alghazi.selaku Narasumber.

Menurutnya Keterlibatan semua elemen masyarakat untuk mau mengelola sampah dari sumbernya merupakan hal yang sangat penting. Kelompok masyarakat bisa membentuk kelompok bank sampah disetiap lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi bernilai ekonomis.

“Pengelolaan sampah secara terpadu melalui kelompok bank sampah bisa mendongkrak nilai tambah pertumbuhan ekonomi berbasis masyarakat dan tentu saja meningkatkan kesadaran kita terhadap kebersihan lingkungan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Lurah Satria sangat menyambut baik pelaksanaan sosialiasasi ini, menurutnya keterlibatan langsung masyarakat untuk turut serta dalam pengelolaan sampah dan pembentukan bank sampah tentunya sangat bermanfaat sekali dalam peningkatan ekonomi masyarakat dan mendukung menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Adapun sosialisasi yang dilakukan mendapatkan respon positif dari masyarakat Lk.VI dan setuju untuk membentuk bank sampah dilingkungan tersebut. Dalam waktu dekat, pemberian pelatihan bank sampah untuk masyarakat lk.VI akan dilaksanakan.