BINJAI,DLHBinjaiNews (12/6/2020) Tim VI Pemko Binjai yang terdiri dari Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Perdagangan, Staf Ahli Walikota Binjai Bidang Pemerintahan, Sekretaris Dewan Kota Binjai dan Kabag Administrasi Pembangunan Sekdako Binjai melakukan sosialisasi sekaligus pembagian masker gratis kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker ketika berada di luar rumah. Sosialisasi dan pembagian masker gratis dilakukan di Lampu merah tanah lapang merdeka binjai. Jalan Sudirman , persisinya di depan Balai Kota Binjai, Jum’at (12/06/2020).

Sosialisasi dan pembagian masker gratis ini dilakukan agar seluruh warga yang ada di Kota Binjai wajib mengenakan masker. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Corona penularan Corona Virus Disease 2019  (Covid-19) di tengah-tengah masyarakat.  Sosialisasi sekaligus pembagian masker ini dilakukan sebagai tahap pertama mendukung pelaksanaan Peraturan Wali Kota Binjai  No.16/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Binjai.

Di hari kedua sosialisasi ini dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Sosial, Rudi Iskandar Barus, ST selaku Koordinator Tim VI mengatakan Sosialisasi ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 11 Juni-13 Juni 2020. Bagi yang melanggar Peraturan Walikota (Perwal) akan diberikan sanksi berupa teguran lisan, peringatan, dan penahanan kartu identitas/KTP dan Izin Badan Usaha akan dicabut jika tidak patuhi protokol kesehatan covid-19.

“Pembagian masker ini tidak hanya dilakukan di Lampu Merah Tanah Lapang Merdeka Binjai Jl. Sudirman, tetapi juga di 5 titik lainnya yang ada di Kota Binjai. Direncanakan, sosialisasi serta pembagian masker dilakukan hingga Sabtu (12/06/2020). Setelah itu bagi warga yang melanggar dengan tidak memakai masker tentunya akan dilakukan penindakan ” ujar Rudi.

Ketika melakukan sosialisasi dan edukasi, Rudi Iskandar Barus, ST didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kota Binjai, Hedi Mouria, SH , Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr. T Amri Fadli, M.Kes, Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Bapak Afwan Lubis, A.Pt, M.Kes, Sekretaris Dewan Kota Binjai, Putri Sembiring, SH, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekdako Binjai memberi dan memakaikan masker kepada pengendera kendaran bermotor yang tidak mengenakan masker.