BINJAI,DLHBinjaiNews (07/01/2020) Sejumlah spanduk berisikan himbauan larangan membuang bangkai babi dan bangkai hewan lainnya ke kawasan Daerah Aliran Sungai maupun disembarang tempat terpajang di beberapa titik lokasi di Kota Binjai, diantaranya Titi Besi Jalan Gatot Subroto, Titi Pahlawan Jalan Imam Bonjol, Titi Payaroba Jalan Labu dan selanjutnya akan dipasang di titi Mencirim.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai memasang spanduk tersebut sebagai upaya penyadaran masyarakat khususnya yang memiliki hewan ternak. Larangan itu dipasang pada Senin kemarin (06/01/2020).

Kepala DLH Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes mengatakan bahwa pemasangan spanduk larangan buang bangkai babi dan hewan ternak lainnya terkait penemuan bangkai babi di sejumlah sungai di kota binjai dan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kota Binjai beberapa waktu lalu.

“kami bersama Dinas terkait lainnya menguburkan bangkai babi yang kami temukan” ujar Amri.  Amri juga menegaskan, hewan ternak yang sudah mati, sama sekali tidak boleh dibuang ke sungai atau saluran air, melainkan harus dikubur. “Sebab kalau dibuang ke sungai atau saluran air bisa berdampak terhadap kesehatan dan mencemari lingkungan dan bagi pelaku dapat diancam pidana UU No 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup”.