BINJAI,DLHBinjaiNews (04/06/2020) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menggelar rapat bersama secara daring yang diikuti oleh DLH Kabupaten/Kota se-Sumut termasuk DLH Kota Binjai yang diwakili Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Ir. Junaidi Tarihoran, Kasubbag Keuangan dan Program Lailan Syafina, SE, M.AP, Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Nila Kesuma Saragih, ST, M.AP dan Kasi Pengendalian Dampak Lingkungan, Jani Marudut Sianturi Saito Sianturi, SE. Rabu (03/06/2020).

Rapat terbatas yang dibuka langsung oleh Kepala DLH Provsu, Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAp  diikuti lebih kurang 33 DLH Kabupaten/Kota se Sumut membahas Strategi menghadapi New Normal dalam Pelaksanaan Tugas serta pelaksanaan koordinasi antara Instansi Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota dengan Provinsi.

Memperhatikan Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No. 6 Tahun 2020 tentang Status Keadaan Darurat Bencana Nonalam Covid-19 sebagai Bencana Nasional dan memperhatikan arahan Presiden Republik Indonesia untuk menyusun tatanan kehidupan baru  (New Normal), maka tentunya diperlukan persiapan dalam menyikapi hal tersebut khususnya di instansi lingkungan hidup di sumatera utara” ujarnya.

Agenda utama adalah membahas konsep Pedoman Pelaksanaan New Normal pada Instansi Lingkungan Hidup di Provinsi Sumatera Utara. Adapun pembahasan konsep Pedoman Pelaksanaan New Normal difokuskan pada beberapa aspek diantaranya Kebersihan dan Kesehatan Ruangan Kantor, Perlakuan Terhadap Pegawai/THL dan Tamu, Pelaksanaan rapat/Pertemuan, Pelaksanaan perjalanan dinas, Penilaian dan Pembahasan Dokumen Lingkungan, Penyelenggaraan KLHS, Penyusunan RPPLH, Penyusunan Dokumen IKPLHD, Evaluasi BM dan lain sebagainya.

Protokol Kesehatan pada konsep pedoman pelaksanaan new normal di instansi lingkungan hidup dimaksud mengacu kepada ketentuan Kementerian Kesehatan RI.