BINJAI,DLHBinjaiNews (26/4/2022) SAMPAH menjadi salah satu problematika di Indonesia. Padahal, sering kita temui peringatan bertuliskan ‘Dilarang membuang sampah sembarangan’. Namun, masih saja ada masyarakat yang acuh tak acuh.

Menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan khususnya membuang sampah sembarangan mungkin dirasa kurang menarik jika hanya mengandalkan tulisan umum bersifat himbauan ataupun larangan.

Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup mencoba sedikit perubahan dengan membuat tong sampah Ceria, diharapkan agar masyarakat bisa lebih peka untuk menjaga kebersihan.

Adapun tong sampah ‘Ceria” dimaksud, dimana Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai membuat tong sampah dengan beragam warna cerah dilengkapi Stiker bergambar yang disertai Kalimat Gaul Kekinian untuk mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan, Khairil Anhar, ST mengatakan penyediaan tong sampah baru ini dimaksudkan untuk melengkapi sarana kebersihan dii beberapa titik lokasi yang belum lengkap, salah satunya, di Ruang Terbuka Publik Kawasan Kartini-Setia yang belum lama ini dihibahkan Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota Binjai.

“Penyediaan tong sampah Ceria ini sudah menjadi rencana kami sejak awal tahun, dimana ada beberapa lokasi ruang terbuka publik belum memiliki Tong Sampah atau sudah dalam kondisi rusak, salah satu lokasi dimaksud yaitu Ruang Terbuka Publik Kawasan Kartini-Setia yang  memiliki panjang hingga mencapai 4-5 Km kalau saya tidak keliru, dengan luas sepanjang itu dan tidak memiliki tong sampah sedangkan setiap harinya kawasan itu didatangi masyarakat tentu ini menjadi masalah, akibatnya banyak sampah berserakan setiap harinya.” terangnya.

Selain di Kawasan Kartini Setia, Tong Sampah Ceria juga diletakkan di Taman Remaja Binjai, dan akan dipasang diruang terbuka publik/hijau lainnya secara bertahap.