BINJAI,DLHBinjaiNews (20/1/2022) Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Amas Mansyur Siregar, ST diwakili Pengawas Lingkungan Hidup. Debby Lestari, SE dan Pengendali Dampak Lingkungan, Nila Kesuma Saragih, ST, M.AB mendukung penuh terbentuknya Bank Sampah saat menerima kunjungan Yayasan Rehabilitasi Narkoba Mutiara Abadi Binjai (MAB). Menurut kedua Pejabat Pengawas tersebut,  meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilah, mendaur ulang sampah sangatlah susah.

Padahal manfaat dari Bank Sampah sangat banyak, seperti pemberdayaan masyarakat yang bisa meningkatkan sekaligus membangun ekonomi di masa pandemi.

Pengurus Yayasan MAB ,Bro Eben bersama Bro Hiskia, sapaan akrab yang digunakan didalam lingkungan Yayasan mereka tersebut mengatakan kedatangan dirinya bersama rekannya untuk bersilahturahmi dengan pihak DLH Kota Binjai. Bro Eben menjelaskan bahwa Yayasannya saat ini telah membentuk bank sampah dan telah memiliki SK Pembentukan Bank Sampah yang dikeluarkan Pemerintah Kota Binjai melalui SK Lurah. Pihaknya juga telah  bekerjasama dengan Bank Sampah Induk New Normal yang berlokasi di Medan terkait Operasional Bank Sampah mereka nantinya.

“Adapun kedatangan kami dalam rangka bersilahturahmi dengan pihak DLH Kota Binjai sekaligus mengundang DLH untuk dapat berkunjungan ke Yayasan kami sekaligus meresmikan Bank Sampah Mutiara Abadi Binjai yang beralamat di Jl Jenderal Gatot Subroto No.219, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai.dalam waktu dekat ini”

lebih lanjut lagi ia menjelaskan ‘alasan pembentukan bank sampah di Yayasan MAB dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Binjai untuk membantu menangani pengolahan sampah dan tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih, sekaligus sebagai wadah untuk membina dan memberdayakan serta juga bisa membantu mengembalikan daya kreativitas para Penghuni Panti Rehabilitasi.

Pejabat Pengawas DLH Kota Binjai Debby dan Nila sangat mengapreasi akan program bank sampah yang dibentuk MAB dan tentunya akan memberikan dukungan.

“Kami akan segera berkunjung ke Yayasan MAB dan meresmikan bank sampah yang sudah dibentuk sesuai jadwalyang ditentukan oleh Pihak MAB nantinya” ujar Nila.