Binjai,DLHBINJAINEWS (08/09/2020) Lingkungan hidup tentunya memiliki porsi yang tidak sedikit berkaitan dengan beranekaragam warna terkait keberadaan lingkungan. Sudah barang tentu satu diantara banyak hal terkait lingkungan, menjadi titik perhatian semua pihak, sejatinya.

Keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung program-program pengelolaan lingkungan salah satunya bisa dilihat dari jumlah anggaran dalam APBD dan program-program pengelolaan lingkungan yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), atas hal itu Komisi B DPRD Kabupaten Karo melaksanakan konsultasi dan perbandingan terkait dengan Kebijakan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Kota Binjai.

Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Komisi B DPRD Kabupaten Karo, yang dipimpin Ketua Komisi B Perdata Ginting, SE, Staf Setwan DPRD Kota Binjai, serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai.

Kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Karo ini diterima Plt Sekretaris DLH Kota Binjai, Asminawati, S.Sos, didampingi Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan Ir. Junaidi Tarihohan, Kasi Amdal, Jani Marudut Sianturi,SE, dan Kepala UPTD Pengelolaan Sampah dan TPA, Debby Lestari, SE.di Ruang Kerja Kepala Dinas Disperindag Kota Binjai, Selasa (08/09).

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris DLH Kota Binjai, Asminawati, S.Sos, menjelaskan tupoksi DLH Kota Binjai dan beberapa program yang dilakukan pihaknya saat ini dalam pengelolaan lingkungan hidup.Diantaranya, Bank Sampah, Sosialisasi, Layanan Jemput Sampah Organik, pembagian bibit pohon bagi masyarakat,serta pembagian tanggung jawab bersama dengan Pihak Kecamatan dan Disperindag terkait kebersihan lingkungan sesuai dengan kewenangan wilayah kerjanya.

“Ada beberapa program dan langkah yang kami lakukan dalam rangka mewujudkan Kota Binjai Bersih diantaranya menjalankan Bank Sampah baik yang dijalankan DLH Kota Binjai sendiri maupun oleh Kelompok Swadaya Masyarakat, Sosialisasi, Layanan Jemput Sampah Organik walau masih dalam wilayah kecil dan pembagian tanggung jawab bersama Kecamatan dan Disperindag,” ujarnya.

Tidak hanya melaksanakan konsultasi dan perbandingan ke DLH Kota Binjai saja, namun DPRD Kabupaten Karo juga melaksanakan konsultasi ke Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kota Binjai.