BINJAI,DLHBinjaiNews (22/5/2018) Pemerintah Kota Binjai menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (21/5).Kunjungan kerja ini dalam rangka konsultasi dan koordinasi tentang Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Rombongan tamu dipimpin Wakil Ketua DPRD Batang Nur Cahyaningsih bermaksud menimba ilmu terkait Pengelolaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kota Binjai. Bertempat di Ruang Rapat III Kantor Walikota Binjai, pihak Pemkot Binjai diwakili Staf ahli Walikota Binjai Bidang Ekonomi Pembangunan Mustika Hadrah didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dr. T.Amri Fadli,M.Kes.

Dalam kesempatan ini, dr.T.Amri  memaparkan sejumlah hal. Dikatakan, Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai terus berupaya memenuhi kecukupan ruang terbuka hijau yang ideal. Peranan Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai saat ini merupakan penekanan dari Visi Walikota Binjai untuk terwujudnya Kota Binjai sebagai kota cerdas yang layak huni, berdaya saing dan berwawasan lingkungan menuju Binjai yang sejahtera, karenanya DLH Kota Binjai terus berupaya menciptakan suasana pemukiman yang nyaman dan berwawasan lingkungan bagi penduduk kota binjai, dengan modal komitmen, kemauan dan kerja keras Pemerintah Kota Binjai bersama jajaran DLH Kota Binjai.

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Batang, Jawa Tengah dalam rangka konsultasi dan koordinasi tentang Kebijakan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau.

“Saat ini rasio ruang terbuka hijau publik mencapai 9 persen dari luas wilayah kota Binjai 90,24 km2, Kendala yang dihadapi Pemko untuk menambah lokasi RTH adalah karena harga tanah cukup mahal,” ujarnya.

Dikatakan meski Ruang Terbuka Hijau yang ada di Kota Binjai tidak cukup luas, dan masih jauh dari rasio ideal yang ditetapkan, namun pemanfaatan RTH yang ada dilakukan dengan semaksimal mungkin diantaranya pemanfaatan untuk sarana pendidikan, sarana olahraga, sarana kegiatan sosial dan lain-lainnya sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatinya.

Turut hadir Jajaran Pejabat Eselon 3 dan 4 Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Sekretariat Daerah Kota Binjai, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Binjai dan Bappeda Kota Binjai.