Binjai,DLHBinjaiNews – Tim penggerak PKK  Kota Binjai  melaksanakan kegiatan bermain dan belajar untuk anak -anak  di  Taman Balita  jalan Veteran Binjai,   Jum’at (29/3).  Kegiatan dengan sasaran anak-anak PAUD, TK dan RA se Kota Binjai bertujuan memfungsikan keberadaan taman balita sebagai taman kota yang berfungsi sosial, edukatif dan rekreatif.

Kegiatan hari ini diikuti anak-anak Tk RA Sumber Ilmu, TK AN NAAS dan KB ASSYURA dari Kec. Binjai Timur, turut hadir pengurus TP.PKK Kota Binjai, bersama petugas dari Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Bunda Paud Kec.Binjai Timur dan TP PKK  Kec  Binjai Timur

Selama  lebih kurang dua jam, anak anak  bermain dan  bernyanyi dengan gembira. Disela  itu,  mereka  mendapatkan  penjelasan  tentang cara pengolahan sampah plastik melalui metode ecobrick  yang  disampaikan oleh  petugas Tim GPS  dari DLH Kota Binjai.

“Ecobricks merupakan salah satu cara menangani sampahplastik dengan cara memasukkan berbagai jenis sampah plastik yang sulit hancur kedalam botol plastik bekas air mineral, nanti setelah banyak ecobricknya bisa dibuat jadi kursi, meja atau tempat sampah ” jelas Fasilitator DLH Kota Binjai Reza kepada anak anak TK tersebut.

Kepada anak anak juga diajarkan tentang perilaku hidup bersih dan sehat, seperti selalu membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan produk plastik salah satunya minuman botol plastik air mineral dengan cara menggunakan tumbler (termos minum).

Kegiatan bermain dan belajar di Taman  Balita   merupakan program PKK  sejak akhir tahun 2017,  dan kembali dilaksanakan mulai 1 Maret  dengan jadwal 3 kali dalam sepekan. Selain  untuk memanfaatkan keberadaan Taman balita sebagai taman Kota, melalui kegiatan  ini anak-anak akan  mendapatkan banyak  pembelajaran, seperti  membuat origami, mendengarkan dongeng, perilaku hidup bersih dan sehat,  cara bertanam dan lain -lain. Semuanya bertujuan untuk membantu tumbuh kembang anak, meningkatkan kecerdasan,  menanamkan nilai-nilai positif  pada diri anak.