Binjai,DLHBinjaiNews (29/12/2021) Untuk menjalin kerjasama dan dukungan program lingkungan hidup, FORHATI Kota Binjai melaksanakan Audiensi ke DInas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai pada hari Rabu, (29/12/2021).

Audiensi ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi kegiatan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup serta memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh pada 10 Januari mendatang . Pihak FORHATI Kota Binjai, menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah membuat cairan eco enzym yang telah siap panen, dan rencananya akan digunakan untuk mencuci sungai yang ada di Kota Binjai.

Salah satu anggota FOHATI menjelaskan bahwa, cairan eco enzym ini dibuat oleh para ibu-ibu yang tergabung dari anggota alumni FORHATI Kota Binjai. hingga saat ini pihaknya telah membuat sebanyak 5 tong besar cairan Eco Enzym.

“Sebelumnya kami sudah membuat cairan eco enzym sebanyak 5 tong besar pada kegiatan awal ini, dan kegiatan ini akan terus kami lakukan secara berkelanjutan, untuk tahap pertama rencana kami dalam waktu dekat akan mencuci sungai di kawasan kecamatan Binjai Timur, untuk itu kami berharap adanya dukungan dari DLH Kota Binjai untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut, tidak hanya mencuci sungai, diharapkan pihak DLH Kota Binjai dapat serta melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang eco enzym tersebut” terang salah satu anggota FORHATI yang hadir.

Kepala Seksi Kualitas Lingkungan, Debby Lestari, SE, Kasi Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa Lingkungan, Nila Kesuma Saragih, ST, M.AP dan Kasi Limbah B3 Puji Asti Purnamasari Ren, ST yang menerima audiensi tersebut, menyambut baik akan rencana kegiatan yang disampaikan pihak FORHATI.

“Saya sangat mengapresiasi akan rencana kegiatan yang ibu-ibu dari FORHATI sampaikan, apalagi cairan eco enzym dibuat dari cairan hasil fermentasi sampah dapur. Ini juga menjadi salah satu pengolahan sampah rumah tangga organik yang baik. Cairan Eco Enzym ini dapat dimanfaatkan untuk banyak hal diantaranya sebagai pengganti detergen, sabun, sampo, cairan pembersih lantai juga sebagai pupuk organik.” ujar Debby.

Lanjutnya lagi pihaknya mengatakan akan segera menyampaikan maksud dan tujuan FORHATI tersebut kepada pimpinan untuk menjadi bahan pertimbangan serta petunjuk selanjutnya.