BINJAI,DLHBinjaiNews (16/11/2018) Ketua TP.PKK Kota Binjai Hj.Lisa Andriani Idaham yang diwakili Wakil Ketua I Hj. Nani Timbas Tarigan membuka secara resmi Kegiatan Gerakan Menanam Pohon Tahun 2018 di Jalan Gunung Rinjani,Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Kota, Jum’at (16/11/2018).

Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan tahun ini adalah ” Buat Hidup Lebih Hidup”. Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai selaku leading di bidang lingkungan hidup memberikan bantuan menyediakan sebanyak 633 Bibit dengan beragam jenis diantaranya Pohon Pucuk Merah, Pohon Rambutan, Pohon Kelengkeng, Pohon Alpukat, Pohon Jeruk Kesturi, Pohon Melati Mini dan Bunga Krokot

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes menyatakan saat ini isu Pemanasan Global adalah isu yang tidak bisa dipandang sebelah mata, Pemanasan global merupakan sebuah fenomena meningkatnya suhu dipermukaan bumi akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Femomena pemanasan global tidak bisa terlepas dengan rusaknya ekosistem di bumi ini. Salah satu penyebab utama fenomena ini adalah pencemaran lingkungan yang berlebihan. Selain itu penebangan hutan dan polusi udara juga tidak kalah berperan dalam fenomena ini.

“Salah satu cara kita menangani pemanasan global ini adalah dengan cara “Gerakan Menanam Pohon”. Pohon merupakan sumber kehidupan, begitu banyak manfaat yang diberikan untuk kehidupan manusia seperti menghasilkan oksigen, menyerap karbon dioksida dan gas beracun lainnya dan lain sebagainya” ujar Amri.

Sementara itu Nani Timbas Tarigan menyatakan dampak kerusakan lingkungan hidup dari waktu ke waktu menunjukkan perkembangan yang cukup pesat, permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi cukup kompleks dan dewasa ini telah mencapai tingkat yang sangat memprihatinkan sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem alam dan makhluk hidup.

“melalui Program yang kita lakukan hari ini yaitu Gerakan Menanam Pohon merupakan upaya melestarikan lingkungan yang perlu dicontohkan kepada generasi penerus bangsa sehingga lingkungan hidup dapat lestari dan berkesinambungan serta terpelihara hingga ke anak cucu”

tambahnya lagi ” perlu saya sampaikan, tiga kelurahan binaan yaitu Binjai Estate, Tanah Seribu dan Cengkeh Turi akan menerima bibit tanaman dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai yang nantinya diteruskan untuk diberikan kepada kader PKK maupun masyarakat”.

Acara dihadiri Camat Se-Kota Binjai, Lurah Se-Kecamatan Binjai Selatan, TP. PKK se-Kecamatan Binjai Selatan, Organisasi Wanita, Kepala Lingkungan Kelurahan Binjai Estate, Bank Sampah Rinjani dan masyarakat setempat.