BINJAI,DLHBinjaiNews (20/8/2018) Dalam upaya membangkitkan dan memasyarakatkan kembali gotong royong agar menjadi suatu kekuatan di masyarakat sekaligus mendorong generasi muda untuk melakukan perubahan yang dimulai dari lingkungan terdekat di berbagai aspek, salah satunya peduli akan lingkungan. Sehingga kiprah dan keberadaan pramuka dapat dirasakan masyarakat. Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Binjai, yang tergabung dari Kwartir Ranting Se-Kota Binjai, Pramuka Peduli, Pramuka Gudep 1701131 SDN 95/ Gudep 1701132 SDN 96 Binjai, Pramuka Gudep 1701017 – 1701018 SMP Negeri 2 Binjai, bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Camat Binjai Kota, Lurah Berngam, Kepala Lingkungan, Babinsa, Polmas dan masyarakat melaksanakan kegiatan Gotong Royong Tunas Kelapa Bangsa Kwarcab Kota Binjai Tahun 2018 di wilayah Penduduk Perumahan Berngam, Kelurahan Berngam Kecamatan Binjai Kota.Minggu,19 Agustus 2018.

SATGAS DLH KOTA BINJAI BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN GOTONG ROYONG BERSAMA KWARCAB PRAMUKA KOTA BINJAI

“Pramuka adalah pergerakan dengan rasa dan jiwa gotong royong yang tinggi. Nah, hal itu yang perlu kita kembalikan dan kita ingatkan lagi kepada pramuka tentang pen­tingnya kerja sama dan bergotong royong. Hal itu pulalah yang mendapat porsi peni­laian yang cukup ting­gi. Jadi nilai pendi­dikan melalui kegiatan ini adalah kesabaran, ulet, disiplin, kerja sama dan kekompakan serta pengendalian emosi,” jelas Waka Bidang Lingkungan Hidup Kak Mahrujar saat ditemui dilokasi.

Kegiatan ini tidak saja mampu menjadi wahana menumbuhkan kepedulian dan mempererat tali silaturrahmi di antara pramuka dan masyarakat sebagaimana Dasa Dharma Pertama taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Dasa Dharma Kedua Cinta Alam dan kasih Sayang sesama manusia dan Dasa Dharma Keenam Rajin, Trampil dan Gembira namun juga untuk mengajarkan sejak dini kepada Pramuka Siaga dan Penggalang mengenai pemilahan sampah yang benar dan melalui pemilahan sampah tersebut, sampah yang dikumpulkan dapat ditabung dibank sampah untuk menjadi tambahan pendapatan bagi pramuka dan hasilnya dapat dipergunakan untuk kebutuhan adik adik pramuka.

Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan Muhammad Alhuda, S.STP saat ditemui dikantornya menyampaikan DLH Kota Binjai tentu sangat mendukung kegiatan gotong royong yang dilakukan anak-anak pramuka tersebut. Rasa peduli akan hidup bersih dan kebersihan lingkungan sejak usia dini memang sangat penting untuk ditanamkan agar generasi muda dimasa mendatang diharapkan mampu menjaga lingkungan serta bumi ini untuk semakin lebih baik kedepannya.