BINJAI,DLHBinjaiNews (7/3/2019) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai Mencirim, Pusat Perkotaan Jalan Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai. Rabu (6/3)

Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang didampingi Wali Kota Binjai HM Idaham juga pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, bersama Wakil Ketua Tim PKK Provinsi Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Ketua Tim PKK Kota Binjai Lisa Andriani, RTH yang diberi nama Taman Sri Devi dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sumut dengan menggunakan APBD Provinsi Tahun 2018.

Gubernur menyebutkan pentingnya membangun atau mengembalikan satu kawasan tertentu menjadi asri. Karena pada dasarnya manusia membutuhkan udara bersih untuk kehidupan yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan.

“Manusia ini kan punya paru-paru. Jadi RTH itu sudah diatur dalam Undang-undang bahwa satu kota itu minimal (30 Persen) ada berapa persen. Kalau kita lihat di Sumatera Utara ini kita masih sedikit,” ungkap Edy Rahmayadi.

Dengan begitu, lanjut Gubernur, nantinya kawasan yang memungkinkan untuk dibangun atau dikembalikan menjadi RTH, akan terus dilakukan. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan untuk rakyat. Meskipun dirinya tidak menafikan bahwa aktifitas ekonomi seperti kawasan perdagangan juga faktor penting.

“Sehingga nanti kita prioritaskan, kita atur tempatnya dimana untuk perdagangan, tempat rekreasi rakyat dan hutan-hutan hijau dalam kota. Ini akan kita tata kembali, sehingga kita sehat, sejahtera dan bermartabat,” lanjutnya.

Diakhir sambutannya Gubernur berpesan agar fasilitas ruang publik yang dibangun Pemprov Sumut dapat bermanfaat dan dijaga oleh masyarakat, dengan bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sementara Wali Kota Binjai HM Idaham berterima kasih kepada Pemprov Sumut yang telah membangun RTH yang menjadi bagian dari keindahan wajah kota. Sehingga pihaknya berharap terus dikembangkan dan dilanjutkan agar bisa menjadi kota yang nyaman untuk masyarakat.

“Kita berharap kolaborasi Pemerintah Kota dan Pemprov  dapat selalu berjalan dengan baik sehingga kita dapat menyelesaikan DAS yang ada menjadi daerah pariwisata sekaligus penataan lingkungan yang lebih baik ” ujar Idaham.

Untuk diketahui, Taman RTH Dewi Sri dibangun di area seluas 1.417 m2, di Jalan Jendral Sudirman Binjai, sepanjang 250 m bantaran sungai. Adapun Fasilitas yang tersedia di taman sri devi terdiri atas taman, jogging track, tempat duduk, toilet. Dibatasi pergola dan tanaman merambat untuk menjamin keamanan pengunjung.

Taman ini juga dilengkapi videotron untuk menampilkan berbagai informasi yang perlu diketahui masyarakat. Selain menawarkan keindahan dan pemandangan tepi sungai, taman dilengkapi seni mural yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Warga dapat bersantai, berolahraga dan berbincang serta berswafoto di sana.