BINJAI,DLHBinjaiNews (11/01/2022) Memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia, 10 Januari 2022, MD Forhati Binjai kerjasama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai menggelar aksi kegiatan cuci sungai dengan cairan eco enzym disertai aksi clean up sampah diseputaran kawasan sungai, Senin (10/01/2022)

Ketua Periodik Forhati Binjai, Hj.Nurdianah Piliang, S.Ag, S.Pd.I menjelaskan Kegiatan cuci sungai dengan cairan Eco Enzym merupakan program rutin yang dimulai dari MW Forhati Sumut yang mencuci sungai Babura Medan. “Maka, MD Forhati Binjai meneruskan program tersebut di Kota Binjai.

“Beberapa bulan terakhir ini di penghujung tahun 2021, saya bersama anggota  MD Forhati Binjai lainnya serta beberapa tetangga dilingkungan tempat tinggal kami terus membuat cairan Eco Enzym, dan alhamdulillah kami telah berhasil membuat 5 drum cairan eco enzym, dan masing masing drum berisi 150 liter sehingga totalnya sebanyak 750 liter dan pada hari ini kita akan mencuci sungai dengan cairan eco enzym di sungai Mencirim Jl. T. Imam Bonjol dan Sungai Bingei Limau Sundai’ ujar Hj Nurdianah.

Sementara itu, perwakilan KAHMI Sumut, Fadhiel menyampaikan sosialisasi tentang penggunaan dan manfaat eco enzyme secara luas.

Dikatakannya, eco enzyme adalah cairan alami serbaguna bersumber dari sisa limbah rumah tangga dicampur dengan limbah gula (molase) dan air, dipermentasi secara anaerob selama 100 hari.

Fadhiel menyebutkan, kegunaan terpenting dari eco enzyme adalah pembersih alami, pembunuh bakteri jahat, dapat menjernihkan air dan meningkatkan nutrisi biota air sungai. Selain itu dapat berguna sebagai pupuk organik tanaman, pencampur pakan ternak, pembersih lantai/ alat rumah tangga, membersihkan mulut, mengobati luka dan banyak lagi, penggunaanya untuk pemakaian luar,” ujarnya.

Plt. Kepala DLH Kota Binjai, Amas Mansyur Siregar, ST sangat mengapresiasi kegiatan MD Forhati yang peduli dengan lingkungan hidup di kota rambutan tersebut.

Dia juga salut dengan Forhati Binjai yang bisa membagi tugasnya sebagai ibu rumah tangga, pekerjaan lainnya serta menjadi pengurus Forhati, sehingga kegiatan ini ini dapat terlaksana, dan bisa dikatakan Perempuan Tangguh.

“Kami dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai sangat mengapreasiasi kepedulian dari ibu-ibu yang tergabung dalam MD Forhati Kota Binjai, dimana disela-sela kesibukannya dan sebagai ibu rumah tangga, masih mampu dan menyempatkan waktu untuk memberikan sumbangsih pikiran terhadap kelestarian lingkungan hidup yang kita idam-idamkan dapat tercapai” ujar Amas.

Ia juga mengatakan bahwa kiranya kegiatan aksi lingkungan hidup ini tidak hanya melalui kegiatan cuci sungai ini saja, namun kiranya MD Forhati Kota Binjai dapat berkolaborasi bersama DLH Kota Binjai dalam kegiatan lingkungan hidup lainnya, seperti gotong royong lingkungan, aksi penanaman pohon dan sebagainya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Kebersihan dan Angkutan, Khairil Anhar, ST, Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan, Emil Handoko, SE, Pengawas Lingkungan Hidup, Debby Lestari,SE, Hebrin, S Sinulingga, ST, Pengendali Dampak Lingkungan, Puji Asti Purnamasari Ren, ST, Jani Marudut Saito Sianturi, SE, Nila Kesuma Saragih,ST, M.AB , Perwakilan Kantor Lurah Mencirim, Kepala Lingkungan,dan BKM Mesjid Al-Ittihad.