BINJAI, DLHBinjaiNews (22/05/2022) Hujan deras/es disertai angin menghantam Kota Binjai. Akibatnya, puluhan pohon bertumbangan disekitar pemukiman warga serta lokasi  fasilitas umum, Minggu (22/5).

Peristiwa kebencanaan itu terjadi, sekitar pukul 16.00 Wib sore tadi. Tak hanya pohon tumbang, tiang dan kabel listik pun ikut mengalami kerusakan setelah diterjang derasnya hujan yang berisikan material es di dalamnya.

Selain menumbangkan batang pohon dan tiang listik, derasnya angin kencang yang menerpa sore tadi turut mematahkan besi penyangga baliho ukuran besar di kawasan Pusat Kota Binjai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai, Amas Mansyur Siregar, ST didampingi Kabid Kebersihan Angkutan, Khairil Anhar, ST dan Kabid Pengelolaan Kualitas Lingkungan, Puji Asti Purnamasari Ren, ST menjelaskan, kuatnya angin kencang dan hujan deras menyebabkan puluhan pohon tumbang di beberapa kawasan. Saat ini, tim petugas DLH tengah melakukan evakuasi, perantingan dan pembersihan.pohon tumbang baik yang mengarah ke dalam lapangan maupun ke jalan raya di kawasan Lapangan Merdeka Kota Binjai.

“Usai menerima informasi dari petugas yang tengah berpatroli dilapangan merdeka, saya segera turun ke lokasi dan memerintahkan petugas DLH untuk segera melakukan penanganan. Sekitar 4 armada kendaraan diturunkan, diantaranya 1 Unit Mobil Tangga Pemangkasan/Penebangan, 2 Unit Dump Truck, 1 Unit Pick Up disertai puluhan Petugas,” terang Amas.

Lanjutnya lagi ia mengatakan, pihaknya juga akan menyisir kondisi kawasan fasilitas umum khususnya Ruang Terbuka Hijau di lokasi lainnya. Kita harapkan kondisinya tidak seperti yang terjadi di lapangan merdeka.