BINJAI,DLHBinjaiNews (21/3/2019) Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumut melaksanakan rapat lanjutan dengan Investor dari Korea Selatan yang tergabung dalam HGSN Inc.Korea di aula Kantor DLH Provsu, Rabu (20/3). Rapat dimaksud sehubungan dengan adanya kerjasama antara HGSN Inc.Korea dengan Pemprovsu untuk menciptakan suatu peningkatan pengolahan sampah yang berkelanjutan dan pengelolaan limbah di Sumatera Utara.
Sebelumnya pembahasan kerjasama telah dilaksanakan pada oktober 2018 lalu, dimana HGSN Inc.Korea bertemu dengan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeckshah. Salah satu perwakilan investor HGNS Cooperations, Mr Hong menyampaikan bahwa Sumut merupakan daerah yang luar biasa dan kaya termasuk salah satunya wisata di Sumut. “Bagus sekali. Sayangnya, kebanyakan turis kurang berkenan datang ke suatu tempat yang kurang bersih atau kurang terkelola. Untuk itu, penting sekali waste management ini diperhatikan,” tuturnya kala itu.
Mr Hong meyakinkan bahwa dengan pengelolaan sampah yang baik dan terencana, bukan saja berpotensi untuk memperoleh keuntungan secara bisnis, tetapi juga dari segi kesehatan, lingkungan, dan meminimalisir penyebab bencana terkait sampah seperti banjir.
Adapun hasil dari rapat lanjutan tersebut, selanjutnya akan dilakukan MOU pada bln 4 mendatang dengan gubernur sumatera utara dan mulai bekerja serta melakukan observasi ke kab kota mebidangro, (Medan Binjai Deli Serdang Karo). Turut hadir Kepala DLH Provsu didampingi Sekretaris dan jajaran DLH Provsu, Perwakilan dari DLH Kota Medan, DLH Kota Binjai, PT.Pembangunan Prasarana Sumut dan HGSN Inc.Korea.