BINJAI,DLHBinjaiNews (24/9/2019) Dalam upaya mengantisipasi dampak kabut asap yang sudah mulai masuk di wilayah Kota Binjai sejak beberapa hari terakhir, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai membagikan ratusan masker bagi masyarakat khususnya pengguna jalan, Senin (23/9) sore. Pembagian masker sebanyak lebih kurang 300 helai di pusatkan di depan Balai Kota Binjai tepatnya Jalan Sudirman.

“Selama beberapa hari terakhir ini udara di wilayah Binjai memasuki level tidak sehat akibat pekatnya kabut asap dari maraknya pembakaran lahan dan hutan. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu masyarakat saat melakukan aktivitas di luar rumah , alasan itulah kenapa kami langsung turun ke jalan melakukan aksi pembagian masker sebagai upaya¬†guna mencegah, mengantisipasi dan meminimalisir dampak kabut asap bagi kesehatan warga khususnya peningkatan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) ujar Kasubbag Umum dan Kepegawaian Raja Ahmad Muhajjier didampingi Staf DLH Kota Binjai.

Dalam kesempatan itu, Raja juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah khususnya anak-anak serta mengajak agar masyarakat tidak membakar sampah dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dengan angkutan umum untuk mengurangi kabut asap yang berakibat polusi udara.

“Kalaupun beraktivitas di luar rumah diharapkan menggunakan masker serta banyak mengkonsumsi buah dan minum air putih untuk menghindari dehidrasi,” lanjut dia. (RAM-DLH)