BINJAI,DLHBinjaiNews (22/06/2022) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai, Amas Mansyur Siregar, ST menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 Provinsi Sumatera Utara di pusatkan di Dusun 1 Kampung Manggis Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Rabu (22/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tebing Tinggi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serdang Bedagai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan, Unsur Forkompimda Kabupaten Serdang Bedagai, Perusahaan, Penggiat Lingkungan, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya mengucapkan apresiasi atas terpilihnya Kabupaten Sergai sebagai tempat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Sumut. “Ini momen luar biasa, ini momen yang sangat tepat dimana Pemkab dan pihak swasta, serta masyarakat telah bergotong royong menormalisasi Sungai Belutu sepanjang 5,7 Km dari total 15 Km,” katanya.

Darma berharap dengan dilaksanakan Hari lingkungan Hidup ini dapat mendorong semua pihak yang ada di Kabupaten Sergai untuk menumbuhkan kepedulian dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan bersih, rapi, nyaman, yang akan membawa dampak bagi seluruh masyarakat.

Salah satu rangkaian acara, penanaman pohon

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis Edy Rahmayadi berharap betul agar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia kali ini bisa menjadi pengingat bagi semua orang untuk terus menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap kondisi lingkungan sekitar.

Nawal mengatakan, perlu campur tangan dari seluruh pihak untuk bisa memperbaiki perilaku terhadap lingkungan supaya keseimbangan dapat terjaga.

“Kita perlu langkah yang konkrit, baik itu dalam hal kebijakan, kejelasan arah pembangunan lingkungan, dan yang tak kalah penting adalah pola pikir masyarakat. Ini harus dilakukan terus menerus, konsisten, dan melibatkan semua stakeholder, mulai dari daerah sampai ke pusat,” cetusnya.

Sedangkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumut dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes dalam laporannya menyampaikan, untuk mendukung pelestarian lingkungan berbagai kegiatan telah dilakukan DLH Sumut, di antaranya penertiban Tempat Pemungutan Sampah (TPS) di perbatasan Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang.

Juga memberikan bantuan tempat sampah dan bibit pohon di Kabupaten Deliserdang, penanaman pohon mangrove di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, serta pembersihan sampah dan reboisasi mangrove di Danau Siombak Marelan. “Langkah ini diharapkan menjadi momentum penting untuk terus meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat, serta pemangku kepentingan untuk menjaga dan merawat bumi ini,” ujarnya

Kegiatan ini kemudian dirangkaikan dengan aksi cuci sungai menggunakan zat Exoenzyme, penebaran bibit ikan, dan labi-labi serta penanaman pohon manggis, rambutan, dan duku di pinggir sungai/ Selain itu diadakan pula pemberian tempat sampah kepada 7 desa di Kecamatan Tanjungberingin.