BINJAI,DLHBinjaiNews (28/09/2020) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai dr. T.Amri Fadli, M.Kes beserta rombongan melakukan kegiatan kunjungan ke Penangkaran Bibit Pohon Unggul di Jalan Madura, Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara. Senin (28/09). Kegiatan ini dalam rangka ingin mengetahui lebih jauh sumber daya genetik buah lokal yang ada di Kota Binjai, dikarenakan salah satu program Pemerintah Kota Binjai ingin mengembangkan Kota Binjai sebagai Kota Buah.

Kunjungan Kepala DLH Kota Binjai dr.T.Amri Fadli, M.Kes di lokasi penangkaran bibit pohon unggul didampingi Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan, Ir. Junaidi Tarihoran dan Kasubbag Umum Kepegawaian Raja Ahmad Muhajjier, S.Sos diterima oleh Pemilik Kebun Penangkaran Bibit Buah, Arifin Nasution.

Dalam kesempatan tersebut, Arifin Nasution bercerita cukup panjang tentang usaha penangkaran yang ia rintis sejak 35 tahun silam, berawal sebagai agen pencari buah sawit untuk temannya yang ia tekuni selama setahun, ternyata memberikan hasil yang cukup memuaskan, setahun kemudian, Arifin mulai membeli bibit buah sawit yang kemudian ia kembangkan sendiri, perlahan namun pasti, dirinya kerap mengikuti beragam pelatihan dan studi banding untuk menambah pengetahuannya akan dunia perkebunan dan tanaman buah. Kemudian usahanya mulai berkembang dari tahun ketahun, bahkan ia mampu membangun rumah mewah yang ia tempat bersama istri dan 8 orang anaknya.

lanjutnya lagi, dari 8 orang anaknya, 2 anak lelakinya merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang kemudian ia rekrut sebagai tenaga profesional untuk bekerja dikebun penangkarannya. Lebih kurang 24 tenaga kerja bertugas setiap harinya membantu menjaga, merawat dan mengembangkan bibit buah unggul di Kebunnya.

Beragam jenis bibit buah ia kembangkan dan tidak segan-segan untuk bereksperimen, sehingga muncul varietas varietas buah dengan kualitas terbaik, Beberapa varietas bibit buah yang ada diantaranya Cempedak Guling status F1, Durian Selat , Jambu Madu, Manggis, Mangga Mahatir, Sawit serta banyak ragam buah lainnya dengan ragam jenis. Bahkan ia mengembangkan bibit Durian yang dapat menghasilkan dalam satu pohon durian memiliki beragam jenis buah durian atau bahasa sederhananya multirasa.

Kepala DLH Kota Binjai tengah memegang buah Cempedak Guling kualitas unggul bersama Pemilik Penangkaran Bibit Tanaman Buah Arifin Nasution.

Lebih jauh lagi, arifin yang juga merupakan miitra Pusat Penelitian Pusat Kelapa Sawit (PPKS) menjelaskan bahwa permintaan Bibit Buah kepadanya sangatlah tinggi, yang kesemuanya itu berasal dari luar kota binjai, bahkan diluar provinsi, mulai tingkat Kementrian, Pemerintah Provinsi, Organisasi Pemerintahan Daerah, Perusahaan Perkebunan Swasta, BUMN, Universitas dan lain-lain.

“Permintaan bibit tanaman buah kepada saya, bisa dibilang tiada hentinya, pak kadis, setiap hari atau minggunya permintaan yang masuk mencapai ratusan hingga jutaan bibit, sampai-sampai saya kewalahan memenuhinya, atau tidak sanggup, jika keadaannya sudah begitu, ada yang saya tolak atau dikurangi jumlahnya sesuai kemampuan saya. Kendalanya saat ini karena keterbatasan lahan dan kemudian akses jalan masuk ketempat kami ini bisa diblg cukup sempit hanya untuk satu lajur kendaraan, padahal kendaraan yang keluar masuk membawa dan mengeluarkan bibit itu adalah kendaraan truk” jelasnya

Ia berharap nantinya Pemerintah Daerah dapat membantu perluasan akses jalan dimaksud dan mendukung usaha para penangkar di Kota Binjai ini, karena potensi ekonomi dari penangkaran ini sangat tinggi, tentunya bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memajukan kota binjai menjadi Kota Buah. Arifin juga mengakui bahwa selama menjalankan usaha penangkaran ini, dia berusaha secara mandiri tanpa ada bantuan Pemerintah Daerah maupun tanpa pinjaman modal dari Bank.

“Omzet dari usaha ini mencapai puluhan juta hingga ratusan juta Pak Kadis, alhamdulillah sampai saat ini saya tidak ada sepeserpun hutang dimana-mana apalagi pinjaman modal dari Bank” ujarnya penuh bangga.

Mendengar penjelasan dan diskusi yang cukup panjang tersebut, Kepala DLH Kota Binjai dr. Tengku Amri Fadli, M. Kes mengaku sangat tertarik tentang usaha penangkaran bibit tanaman buah khususnya varietas Buah Cempedak Guling dan Durian Selat, yang merupakan beberapa buah favoritnya, apalagi penangkaran ini sangat mendukung sekali akan kelestarian lingkungan hidup di Kota Binjai.

“Bagus sekali ini, potensinya luar biasa. Apalagi sangat sesuai dengan program kita dalam mendukung Pelestarian Lingkungan Hidup, jika Pak arifin tidak keberatan kami akan sangat senang sekali bisa diijinkan belajar langsung di perkebunan penangkaran bibit tanaman buah bapak dan kami juga berharap bapak mau bekerjasama dengan kami dalam upaya  pengembangan budidaya bibit tanaman buah di Kota Binjai khususnya di Sumatera Utara bahkan Nasional, ini memacu semangat kami dan menambah wawasan kami tentunya” harap Amri.

Arifin menyambut positif akan rencana yang disampaikan oleh Kepala DLH Kota Binjai. dikarenakan bahwa tujuan dari usaha penangkaran bibit tanaman ini yang dibangunnya ini tidak semata-mata karena nilai ekonomisnya saja, namun juga sebagai ladang pahala baginya karena ia juga menciptakan lapangan pekerja untuk masyarakat sekitar serta sumber daya manusia yang nantinya memiliki skill dibidang perkebunan dan menjadikan kota ini salah satu ikon buah di Sumatera Utara,” katanya

Usai diskusi dan obrolan yang panjang dan seru, Arifin mengajak rombongan untuk tur singkat di kebun penangkaran miliknya dan memberikan  Buah Cempedak Guling yang berukuran besar kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Binjai untuk dibawa pulang.