BINJAI,DLHBinjaiNews (07/08/2020) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai melaksanakan kick off meeting penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Binjai 2021 – 2025 bertempat di Aula Kantor Walikota Binjai.

”Apa yang kita laksanakan ini merupakan suatu upaya internalisasi kepentingan lingkungan hidup dan prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam perencanaan RPJMD Kota Binjai,” ucap Walikota Binjai, HM. Idaham, SH, M.Hum melalui Asisten III Pemko Binjai Drs. Meidy Yusri, Kamis (06/08)).

“Ini sebagai starting poin yang sangat penting bagi kita. Menurut saya selain ini sebagai kebutuhan terhadap perintah undang-undang 32 tahun 2009 tentang perlindungan pengolahan lingkungan hidup, ini juga memberi jaminan terhadap keberhasilan dan keberlanjutan lingkungan hidup di Kota Binjai,” tutur Meidy. Oleh karena itu, diawal penyusunan ini Meidy, memberi penegasan dan mengajak semua pihak yang terlibat dalam proses penyusunan dokumen dapat merumuskan dengan baik hingga melahirkan produk yang bermanfaat untuk pembangunan kedepan.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Binjai, dr. T. Amri Fadli, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan  bahwa saat ini, pelaksanaan pembangunan di Kota Binjai untuk meningkatkan keuntungan ekonomi. Namun, di sisi lain juga mengakibatkan kemerosotan kualitas lingkungan hidup dan persoalan sosial masyarakat

Untuk itu, upaya mengutamakan kepentingan lingkungan hidup dan prinsip pembangunan berkelanjutan tiga pilar yakni sosial, ekonomi, dan lingkungan, sangat penting diintegrasikan dalam perencanaan pembangunan daerah.

lanjutnya lagi Amri mengatakan pada kegiatan KLHS ini, kita mencoba menginventarisir seluruh kegiatan dan peran aktif seluruh kepala Perangkat Daerah, karena dari sinilah berangkatnya nanti peran aktif kepala OPD terkait dalam memberikan data sehingga data yang diberikan akan diintegrasikan didalam penyusunan KLHS dan RPJMD. Tanpa data yang akurat dan kongkrit mungkin akan terlewatkan kegiatan masing-masing OPD.

Kick Of Meeting Penyusunan KLHS ini diikuti oleh peserta dari OPD terkait, akademisi, BUMN serta instansi Vertikal Pihak Polri dan TNI, dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara.