Binjai,DLHBinjaiNews (26/02/2019) Dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan serta mewujudkan kota binjai yang berwawasan lingkungan, Kodim 0203/Lkt mengundang Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai untuk berdiskusi dan berkoordinasi bertempat diruang kerja Dandim 0203/Lkt Markas Kodim 0203 Lkt Jl. Sudirman, Senin (25/02)

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan rencana pembentukan Kampung/Kelurahan berwawasan lingkungan, sesuai yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 yaitu Pembangunan kota hijau yang berketahanan iklim dan
bencana serta Visi Misi Walikota Binjai H.M Idaham, SH. MSi dalam menciptakan Kota yang berwawasan lingkungan.

Hadir dalam kesempatan tersebut Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Syamsul Alam, SE,  Pasi Ter Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Bustami, Danramil 01/BK Kapt. Inf A Yani Lubis, Danramil 17/BT Kapt. Arh Herbet Edyson Sihombing, Kepala Dinas LH Kota Binjai dr.Tengku Amri Fadli, M.Kes, Kepala UPTD Pengolahan Sampah dan TPA Halomoan P Simangunsong, ST, Kasubbag Umum dan Kepegawaian DLH Kota Binjai Raja Ahmad Muhajjier S.Sos, dan Fasilitator Lingkungan Hidup Tim GPS DLH Kota Binjai.

Syamsul Alam menyampaikan keinginan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Binjai melalui DLH Kota Binjai untuk bersama-sama menciptakan lingkungan sehat dan indah dengan membentuk Kampung Berwawasan Lingkungan. Adapun yang dimaksud dengan Kampung Berwawasan lingkungan adalah Suatu lokasi yang masyarakatnya melakukan upaya atau tindakan nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara terukur dan berkesinambungan.

Tujuan Kampung Berwawasan Lingkungan adalah untuk mendorong Pemerintah Daerah, Dunia Usaha dan masyarakat setempat untuk memahami permasalahan lingkungan dan dampaknya, serta melakukan tindakan nyata secara proaktif yang berkontribusi kepada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Syamsul Alam dan Tengku Amri menyepakati bahwa hal itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, diperlukan kerjasama serta dukungan seluruh stakeholder terutama Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, Tokoh masyarakat dan masyarakat itu sendiri. Langkah pendekatan yang persuasif dibutuhkan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya kepedulian akan lingkungan khususnya terkait masalah persampahan, penghijauan, sanitasi dan hal terkait lainnya.

Tindak lanjut kedepannya, Kodim 0203/Lkt dan DLH Kota Binjai akan saling mendukung dan bergerak bersama melaksanakan segala kegiatan dalam mewujudkan rencana tersebut  seperti sosialisasi, pendampingan serta pembinaan disalah satu kelurahan yg ada diKota Binjai, selanjutnya akan dijadikan pilot projek sebagai Kampung Ramah Lingkungan agar bisa menginspirasi kampung lainnya.

” Dengan kerjasama yang baik seperti ini, harapan terwujudnya kampung ramah lingkungan dapat terlaksana dengan bantuan Camat, Lurah, Kepala Lingkungan dan Tokoh Masyarakat, ujar Amri.