BINJAI,DLHBinjaiNews (07/10/2020) Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Batubara melakukan kunjungan kerja ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai terkait pengelolaan sampah. Kunjungan anggota komisi I tersebut disambut hangat oleh Kepala DLH Kota Binjai , dr. T.Amri Fadli, M.Kes diwakili Plt. Sekretaris, Asminawati, S.Sos didampingi Kepala UPT TPA dan Pengelolaan Sampah, Debby Lestari, SE dan Kasubbag Umum Kepegawaian, Raja Ahmad Muhajjier S.Sos di kantor DLH Kota Binjai, Jl. Sibolga No.5, Rabu (07/10/2020) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Sekretaris Asminawati S.Sos menjelaskan beberapa hal terkait Profil DLH Kota Binjai, dimana disampaikan bahwa DLH Kota Binjai terdiri dari 1 Sekretariat, 3 Bidang dan 2 UPTD.

” Jadi Bapak-bapak anggota dewan terhormat, dapat kami sampaikan bahwa DLH Kota Binjai memiliki struktur organisasi yang terdiri dari 1 Sekretariat, 3 Bidang yaitu Bidang Kebersihan dan Angkutan, Bidang Pengelolaan Kualitas Lingkungan, Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan dan 2 UPTD terdiri dari UPTD Laboratorium Lingkungan serta UPTD TPA dan Pengelolaan Sampah” jelasnya.

Sementara itu Debby Lestari, SE selaku Kepala UPTD TPA dan Pengelolaan Sampah menambahkan beberapa program yang dilakukan pihaknya saat ini dalam pengelolaan lingkungan hidup. Diantaranya, Bank Sampah, Sosialisasi, Layanan Jemput Sampah Organik, pembagian bibit pohon bagi masyarakat,serta pembagian tanggung jawab bersama dengan Pihak Kecamatan dan Disperindag terkait kebersihan lingkungan sesuai dengan kewenangan wilayah kerjanya.

DLH Kota Binjai dan Komisi I DPRD Kota Binjai tengah berdiskusi dan tanya jawab terkait Pengelolaan Sampah di Kota Binjai

Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Karo, Usman, SE, M.Si mempertanyakan mengenai retribusi, sistem pengangkutan sampah, pembentukan bank sampah, dan regulasi terkait yang ada di Kota Binjai. Serta, soal manajemen dan tata kelola pengolahan sampah yang baik dan pengelolaan TPA Mencirim juga dibahas.

“Bagaimana soal retribusi sampah dan regulasi pendukung terkait lingkungan hidup. Serta, manajemen pengelolaan sampah yang ada di Dinas serta turunannya seperti apa,” tanya Usman.

Tak hanya itu, soal pembinaan kelompok swadaya masyarakat yang menjalankan Bank Sampah juga turut dibahas dalam pertemuan  tersebut.